Pantai Wediombo, Lokasi Memancing Asyik dan Tempat Melihat Sunset Nan Eksotis

Pantai Wediombo memiliki garis pantai dengan balutan pasir putih dan jajaran batu karang yang menjorok ke laut. Terletak jauh di sebelah timur, pantai yang yang memiliki sunset nan mempesona ini terbilang cukup sunyi sehingga asyik dikunjungi. Tak hanya itu, di sini wisatawan juga bisa memancing ikan dari atas bukit-bukit karang.

Garis cakrawala yang menjadi pertemuan laut dan langit biru menjadi pemandangan yang terhampar indah dari tempat parkir. Dari sini, Anda harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga supaya tiba di bibir pantai, sebab Pantai Wediombo memang terletak jauh di bawah dikelilingi oleh perbukitan hijau nan menyegarkan mata. Hawa sejuk pun menyambut.

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang gersang, di Pantai Wediombo terdapat banyak pohon-pohon besar yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh. Jika ingin memasang hammock, maka di pantai inilah tempatnya. Setelah hammock terpasang, Anda bisa menikmati desau angin dan deru ombak nan menenangkan jiwa.

Pantai Wediombo asyik digunakan sebagai tempat bermain. Selain memiliki hamparan pasir putih yang lumayan luas, Pantai Wediombo juga dihiasi dengan karang-karang besar yang menjorok ke laut. Terjangan gelombang besar ke atas karang akan menciptakan pemandangan yang indah. Jika datang di waktu dan musim yang tepat, wisatawan dapat menyaksikan sunset nan indah dari pantai ini. Bola besar berwarna keemasan akan lindap dan menghilang di balik cakrawala, menciptakan sensasi yang luar biasa.

Spot Memancing Yang Asyik

Bagi Anda yang gemar memancing, Pantai Wediombo adalah tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas ini. Namun untuk memancing di Wediombo pengunjung harus memiliki mental yang kuat, sebab lokasi memancing terletak di ketinggian bukit karang dengan terjangan gelombang besar. Cukup menantang dan menguji nyali bukan? Untuk mencapai tempat tersebut pengunjung harus berjalan ke arah timur menyusuri bibir pantai.

Meski harus menempuh berbagai rintangan, hasil memancing di Pantai Wediombo cukup memuaskan. Di kawasan ini para pemancing biasa mendapatkan ikan-ikan berukuran besar. Salah satu jenis ikan yang sering didapat adalah ikan cucut yang oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan nama ikan panjo. Soal umpan para pemancing pun tak perlu khawatir. Cukup rentangkan jaring kecil di tepian pantai, Anda bisa mendapatkan umpan berupa ikan teri. Karena lokasinya yang menantang dan ikannya yang banyak, spot memancing Pantai Wediombo ini juga pernah dijadikan lokasi syuting acara memancing salah satu stasiun televisi di Indonesia.

Upacara Adat Ngalangi

Seperti halnya masyarakat perdesaan yang memiliki tradisi mengucap syukur setelah panen, di Pantai Wediombo ini juga terdapat upacara adat tersebut yang dikenal dengan nama Ngalangi. Upacara ini digelar setahun sekali oleh penduduk setempat sebagai ucapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil panen yang melimpah serta untuk memohon rejeki yang lebih di tahun-tahun mendatang. Panen yang dimaksud bisa berupa panen hasil tangkapan laut maupun panen hasil ladang.

Prosesi upacara akan diawali dengan merentangkan gawar (jaring dari pohon wawar) saat air pasang dari bukit Kedongkowok hingga wilayah pasang surut pantai. Setelah air surut, warga akan menangkap ikan-ikan yang terjebak di gawar dan memasak ikan tersebut. Kemudian akan dilakukan kenduri besar berupa makan bersama seluruh warga. Sebagian kecil ikan tangkapan tersebut akan dilarung ke lautan bersama tumpeng dan sesaji lainnya.

Lokasi dan Akses

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Pantai ini terbilang cukup jauh sebab terletak di sebelah timur Gunungkidul, karena itu Pantai Wediombo termasuk pantai yang jarang didatangi wisatawan kecuali pada hari libur. Namun justru itulah asyiknya, pantai ini masih memiliki bentang alam yang asri, bersih, dan tenang. Untuk mencapai Pantai Wediombo wisatawan bisa mengikuti rute menuju Pantai Siung atau lewat daerah Semanu – Cuwelo – Tepus. Jalan menuju pantai sudah bagus namun cukup sepi.