Pantai Siung – Surga Bagi Para Pemanjat Tebing

Nama Pantai Siung mungkin tidak sepopuler Pantai Indrayanti maupun Pantai Pok Tunggal yang kini melejit sebagai primadona baru para wisatawan. Namun, bagi para pegiat kegiatan outdoor Pantai Siung menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Apa pasal? Sebab pantai yang bersebelahan dengan Pantai Nglambor ini memiliki banyak jalur panjat tebing yang menguji nyali.

Awalnya Pantai Siung hanyalah pantai biasa yang jarang dikunjungi wisatawan. Saat itu beberapa komunitas pecinta alam mulai melirik tebing-tebing Siung dan mencoba menaklukkannya. Pantai ini dibuka sebagai areal pemanjatan secara resmi pada tahun 2000, ditandai dengan dibukanya jalur panjat “Welcome to Siung”. Setelah dibuka secara resmi, Siung pun perlahan mulai dikenal di kalangan pecinta alam.

Popularitas Siung semakin meningkat bahkan dikenal di kalangan pemanjat internasional tatkala digunakan sebagai lokasi Asian Climbing Gathering. Lantas tiap akhir pekan Pantai Siung pun dipenuhi para pemanjat dari berbagai daerah yang ingin menjajal menaklukkan tebingnya. Hingga kini, Pantai Siung kerap digunakan sebagai tempat gathering para pemanjat dan lokasi kompetisi panjat tebing baik tingkat lokal hingga nasional.

Salah satu alasan yang membuat Pantai Siung menjadi surga bagi para pemanjat adalah banyaknya jalur panjat yang tersedia di tempat ini. Jalur tersebut terbagi dalam berbagai tingkatan, mulai jalur untuk pemula hingga advance. Salah satu jalur favorit pemanjat adalah jalur Kuda Laut yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Memanjat tebing-tebing karang ditemani debur ombak akan menjadi pengalaman tak terlupa.

Bagi wisatawan biasa yang tidak menggemari olahraga panjat tebing, Pantai Siung tetap menarik untuk didatangi. Wisatawan bisa bermain di areal pantai yang cukup luas sambil menyaksikan ombak yang menghantam batu-batu karang raksasa. Jika bosan, wisatawan bisa naik ke bukit di sebelah timur yang dipenuhi tanaman pandan laut. Siapa tau Anda beruntung bisa menyaksikan segerombolan kera ekor panjang yang menjadi hewan endemik tempat ini.

Lokasi dan Akses

Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DIY. Berhubung tidak ada angkutan umum yang melayani rute hingga bibir pantai, maka sebaiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi. Dari Yogyakarta pantai ini bisa ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam perjalanan. Tiket masuk pantai Siung sebesar Rp 10.000. Tiket ini merupakan tiket terusan untuk seluruh pantai yang ada di kawasan Gunungkidul.

gambar : putriemochie.blogspot.com