Puncak Suroloyo, Pesona 4 Gunung Dalam Sekali Pendakian

Ingin menikmati pesona puncak gunung-gunung tinggi namun tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pendakian? Jika jawabannya adalah iya, maka Anda cukup datang ke Suroloyo untuk menyaksikan semuanya itu.

Dengan ketinggian 1.019 m dpl, Puncak Suroloyo memiliki pesona pemandangan 4 gunung dalam sekali pendakian. Terletak di dataran tinggi Menoreh, tepatnya di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, wisatawan yang berkunjung ke Suroloyo dapat menyaksikan 4 puncak gunung yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing.

Di Puncak Suroloyo terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dijadikan tempat menyaksikan landskap nan indah. Untuk mencapai gardu pandang tersebut wisatawan harus berjalan kaki mendaki ratusan anak tangga yang dipayungi pohon-pohon rindang. Meski melelahkan, semuanya akan terbayar lunas saat tiba di puncak. Wisatawan dapat melayangkan pandang ke segala penjuru, menikmati perbukitan dan lembah menghijau serta deretan gunung-gemunung nan gagah.

Tempat Meneropong Borobudur Hingga Menikmati Durian Menoreh

puncak suroloyo

sumber gambar : diasporaiqbal.blogspot.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi Suroloyo tentu saja saat musim kemarau, sebab pada musim-musim ini wisatawan bisa menyaksikan pesona sunrise dan sunset nan indah tanpa terhalang mega maupun kabut. Bahkan jika cuaca sedang cerah-cerahnya, wisatawan yang berada di puncak gardu pandang bisa menyaksikan Borobudur di kejauhan. Tentu saja candi megah tersebut terlihat dalam ukurannya yang mini. Selain Candi Borobudur, wisatawan juga bisa menyaksikan Pantai Glagah dan hamparan kebun teh menghijau di kaki Gunung Sindoro Sumbing.
Bagi penggemar durian yang datang ke Suroloyo saat musim durian, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mencicipi lezatnya Durian Menoreh. Aromanya yang tajam, dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis menjadikan durian ini salah satu unggulan varietas nasional. Selain mencicip durian yang sudah matang, wisatawan pun bisa membeli bibitnya yang mendapatkan sertifikat dari Departemen Pertanian.

Akses dan Akomodasi.

Dari Yogyakarta terdapat dua jalur utama untuk mencapai Puncak Suroloyo. Yang pertama adalah melewati Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang – Suroloyo. Sedangkan rute kedua adalah Jalan Magelang – Muntilan – Pasar Muntilan – Kalibawang – Suroloyo. Selepas dari Kalibawang rutenya akan menanjak dengan jalan yang berliku sehingga diperlukan kendaraan dengan stamina tangguh.
Wisatawan yang ingin menyaksikan sunset maupun sunrise dari Puncak Suroloyo tidak perlu khawatir akan akomodasi. Jika wisatawan ingin menginap, di kawasan Suroloyo terdapat beberapa bungalow dan homestay sederhana milik warga dengan tarif sewa yang murah.

sumber gambar :arroundofjogja.blogspot.com