Kawasan Pecinan Magelang

Kawasan Pecinan Magelang Wisata Belanja Dan Sejarah

Wisata belanja dan sejarah ini terletak di Jalan Pemuda Magelang merupakan Malioboro-nya Magelang. Kawasan Pecinan merupakan sentral pembelanjaan dan bisnis di kota Magelang. Sebelah sisi kiri dan kanan sepanjang 1,5 km berderet toko, kios, minimarket dan restoran

Kawasan Pecinan Magelang terdiri dari 2 ruas jalan. Ruas jalan yang pertama adalah ruas jalan yang diperuntukan untuk kendaraan bermotor yang merupakan jalur satu arah. Sedangkan ruas jalan yang lain merupakan jalur lambat yang digunakan untuk jalur becak dan kendaraan roda dua. Sebelumnya ruas jalan ini dilalui oleh kereta api yang sekarang tidak dipergunakan kembali.

Kawasan Pecinan merupakan tempat perbelajaan dan menjadi pusat kegiatan ekonomi Magelang. Magelang merupakan daerah Karesidenan yang mengharuskan mempunyai infrastruktur transportasi dan perdagangan yang memadai. Kawasan Pecinan merupakan peninggalan infrastruktur dari Kolonial Belanda yang masih berjalan sampai saat ini.

Di sepanjang Pecinan, wisatawan akan melihat deretan toko, ruko maupun warung yang menyediakan berbagai macam kebutuhan hidup anda dan keluarga. Barang-barang yang dijual di Pecinan seperti sembako, perkakas rumah tangga dan kebutuhan sekunder lainnya lengkap tersedia ditempat ini. Terdapat juga sajian makanan khas Magelang maupun nusantara lainnya seperti kupat tahu Magelang, gudeg jogja, masakan padang, masakan peranakan Cina dan sebagainya.

Kawasan Pecinan Magelang menyuguhkan berbagai aktivitas belanja, mulai dari berbelanja dengan cara tradisional sampai dengan aktivittas belanja dengan cara modern. Salah satu aktivitas belanja yang unik ditempat ini adalah adanya proses tawar menawar terhadap barang yang dijual di tempat ini, terutama barang-barang yang dijual oleh para pedagang kaki lima atau yang berjualan di sepanjang trotoar.

Setelah mengunjungi Pecinan, wisatawan dapat juga menikmati obyek wisata lainnya yang berada disekitarnya seperti wisata sejarah, wisata arsitektur peninggalan kolonial, wisata alam seperti bukit Tidar dan belanja Pasar Tradisional Pertukangan. Sedangkan kawasan obyek wisata sejarah dapat juga sekalian berkunjung seperti Masjid Agung Magelang, Alun-alun, Klenteng Magelang, Museum BPK, Museum Bumi Putera 1912, museum Kamar Petilasan Pangeran Diponegoro, kampung Kauman dan penampungan air.

Lokasi

Kawasan Pecinan terletak di sepanjang Jalan Pemuda, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Akses

Kawasan Pecinan Magelang dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Dari Yogyakarata melalui terminal Giwangan atau sub terminal Jombor. Dari kedua terminal tersebut anda bisa melanjutkan perjalanan dengan bus antar kota antar provinsi dengan memilih jalur trayek Yogyakarta – Semarang. Selanjutnya turun di terminal Tidar Magelang, setelah itu menaiki angkutan kota berwarna biru dan menuju ke Alun-alun Kota Magelang dan selanjutnya mencari angkutan atau ojek menuju ke Jalan Pemuda yang terletak di sebelah timur Alun-alun Magelang.

Sedangkan bila menggunakan kendaraan pribadi dari Yogyakarta – melintasi Jalan Magelang – Alun-alun Kota Magelang ( Jl. Tentara Pelajar ) – Jalan Pemuda ( Pecinan )

Harga Tiket

Untuk memasuki wilayah Pecinan tidak dikenakan biaya karena tempat in merupakan jalan umum, hanya dikenakan biaya perkir bila anda parkir di kawasan tersebut.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat pada kawasan ini terbilang lengkap, seperti adanya hotel atauu penginapan, rumah makan atau warung makan, tempat ibadah, ATM, Warnet, tempat parkir dan sebagainya. Kawasan pecinan magelang ini layak dikunjungi anda dan bisa menjadi satu paket wisata dengan kunjungan anda di Candi Borobudur.