Candi Sojiwan, Candi Cantik yang Penuh Dongeng Menarik

Candi Sojiwan merupakan perpaduan antara candi hindu dan budha. Di candi ini wisatawan dapat menyaksikan aneka relief yang berisikan fabel atau bersantai di tamannya nan cantik dan asri.

Mungkin tak banyak orang yang tau mengenai keberadaan Candi Sojiwan. Hal ini bisa saja dikarenakan candi ini baru selesai dipugar dan dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2011. Sebelum itu candi ini hanya berupa reruntuhan dan bongkahan-bongkahan batu yang tidak menarik untuk dikunjungi. Padahal, lokasi candi ini tidak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Plaosan yang sudah dikenal wisatawan lebih dulu.

Sepintas lihat bentuk Candi Sojiwan memiliki gaya bangunan yang sama dengan Candi Prambanan, ramping dan tinggi. Namun ada 1 hal mendasar yang membedakannya, jika Candi Prambanan merupakan candi hindu, maka Candi Sojiwan merupakan perkawinan antara candi hindu dan budha. Atap candi bersusun tiga. Pada tiap tingkatannya terdapat jajaran stupa kecil, sedangkan di puncak candi terdapat stupa yang besar.

Candi Sojiwan dibangun oleh Raja Balitung sebagai bentuk penghormatan terhadap neneknya, Nini Haji Rakryan Sanjiwana, yang beragama Budha. Nama Sojiwan juga berasal dari nama neneknya, Sanjiwana. Satu hal yang menarik, di kaki Candi Sojiwan terdapat relief binatang atau fabel yang berhubungan dengan cerita Jataka. Diantaranya relief kera yang sedang mentiasati buaya sehingga bisa menyeberang sungai, perlombaan antara garuda dan kura-kura, dan masih banyak lagi.

Bagi orangtua yang gemar mendongeng, candi ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak. Sembari mengelilingi bangunan candi, orangtua bisa mendongeng berdasarkan dari relief yang ada di dinding candi. Jika sudah lelah, bersantai di taman berumput hijau nan asri bisa menjadi pilihan. Menghabiskan sore atau akhir pekan di tempat ini pun akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Lokasi dan Akses

Candi Sojiwan terletak di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meski secara administratif masuk wilayah Jawa Tengah, lokasi Candi Sojiwan cukup dekat dengan Yogyakarta. Jika datang dari arah Yogyakarta, Anda cukup belok kanan di lampu merah Gerbang Candi Prambanan. Setelah itu ikuti jalan hingga menyeberang rel kereta api dan areal persawahan. Di pertigaan pertama silahkan belok kiri (timur), Candi Sojiwan terletak tidak jauh dari situ.

foto : geolocation.ws