Gardu Action, Spot Selfie Kece dari Limbah Sampah

Gardu Action, Yogyakarta – Apa yang ada dalam pikiranmu saat mendengar soal tempat pembuangan sampah? Pasti sesuatu yang kumuh, bau dan kotor. Eits tapi tunggu dulu, tak selamanya tumpukan sampah seperti itu. Di salah satu sudut Pantai Parangkusumo, komunitas pemuda berdaya justru menyulap tumpukan sampah menjadi instalasi seni yang indah dan dikenal dengan nama Gardu Action.

Gardu Action merupakan singkatan dari Garbage Care and Education.  Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan tempat pengolahan sampah sekaligus pusat edukasi tentang tata kelola sampah bagi masyarakat. Sampah-sampah yang tidak lagi memiliki nilai guna mereka daur ulang menjadi aneka kerajinan dan instalasi seni yang cocok digunakan sebagai tempat selfie.

Begitu tiba di kompleks Gardu Action, kamu akan disambut deretan bangku kayu dan puluhan botol plastik bergambar karakter kartun. Tentu saja semuanya berasal dari limbah sampah. Aneka instalasi seni seperti menara pandang, spot selfi berbentuk kupu-kupu raksasa, juga aneka hiasan semuanya terlihat indah. Sepintas orang tak akan menyangka jika itu dibuat dari limbah plastik.

Kamu bisa memilih untuk duduk-duduk di kursi kayu sembari menikmati semilir angin pesisir selatan. Saat mentari sudah tidak terlalu terik, itu adalah saat terbaik untuk berburu foto, baik foto landscape maupun selfie. Ketika senja tiba, arahkan pandangmu ke sisi barat, maka kau bisa melihat mentari yang terbenam perlahan. Deretan instalasi seni itu akan menjadi siluet yang menarik.

Belajar Tata Kelola Sampah

Tak hanya puas selfie, di Gardu Action wisatawan juga bisa belajar tentang tata kelola sampah yang baik. Dengan senang hati pengelola akan menerangkan mengenai bagaimana cara mengolah limbah rumahan menjadi barang yang bisa digunakan kembali. Selain itu wisatawan dapat belajar tentang pemilahan dan pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

Lokasi Wisata Edukatif Gardu Action

Gardu Action terletak di daerah Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul. Tepatnyanya ada di sudut barat, dekat dengan tempat pembuangan sampah wisata. Kalau kamu menyusuri gumuk pasir maupun tepian pantai dan melihat instalasi seni, itu tandanya kamu sudah sampai di Gardu Action.