Desa Wisata Ketingan, Simfoni Kepakan Sayap Ribuan Kuntul

 

Di Desa Ketingan ribuan kuntul hidup berdampingan dengan masyarakat. Tiap pagi dan senja, wisatawan bisa menyaksikan dan mendengar kepakan sayap ribuan kuntul yang berterbangan di persawahan.

Ratusan burung kuntul putih tersebar di areal persawahan yang sedang ditanami. Dengan tenangnya mereka mencari makan, seolah-olah tak terganggu dengan keberadaan para petani yang sedang menggarap sawahnya. Tak lama berselang, koloni burung tersebut mengepakkan sayapnya dan terbang kemudian hinggap di petak sawah yang lain.  Saat senja menjelang, ribuan burung pun terbang menghiasi langit dan berbondong-bondong pulang ke sarangnya di pepohonan yang ada di desa. Itulah pemandangan khas yang akan wisatawan temui saat mengunjungi Desa Ketingan Sleman Yogyakarta

Tips Berwisata ke Desa Ketingan

  • Tiap bulan September, burung-burung kuntul akan bermigrasi meninggalkan Ketingan dan kembali lagi pada pertengahan Oktober. Jadi bagi yang ingin melakukan bird watching tidak disarankan datang pada bulan tersebut.
  • Sebagai gantinya, pada bulan September rutin dilangsungkan upacara adat Merti Bumi yang dipenuhi dengan beragam acara budaya dan pentas seni.
  • Bagi yang ingin mengenal tradisi lokal lebih dalam bisa datang ke Ketingan pada saat panen raya dan ikut upacara wiwitan (syukuran sebelum masa panen padi) atau datang sebelum masa tanam dan mengikuti upacara angler (selamatan sebelum masa tanam).
  • Bagi yang tidak akan live in, waktu terbaik untuk mengambil gambar atau mengamati koloni burung kuntul ini adalah di pagi hari kala burung mencari makan di sawah atau saat senja tatkala kuntul kembali ke sarangnya.
  • Jangan lupa membawa penutup kepala supaya rambut Anda tidak kotor terkena kotoran burung.

Fasilitas di Desa Wisata Ketingan

Sebagai desa wisata, Ketingan telah memiliki beragam fasilitas yang bisa digunakan wisatawan mulai dari menara pengamatan burung, pemandu lokal, serta jasa antar jemput wisatawan. Bagi yang hendak menginap, di tempat ini tersedia homestay dengan tarif Rp 75.000/malam. Harga tersebut sudah termasuk makan 3 kali. Murah sekali bukan?

Lokasi Desa Wisata Ketingan

Ketingan terletak di Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Dari jantung Kota Jogja hanya berjarak 10 km.