Pantai Ngobaran, Kidung Harmoni di Bibir Pantai

Pantai Ngobaran tidak hanya menyajikan pesona pantai berpasir putih. Namun di pantai ini pengunjung bisa menyaksikan masjid, pura, dan tempat pemujaan berdiri berdampingan membentuk harmoni nan indah.

Tak hanya Bali yang memiliki pura di tepi pantai, di Gunungkidul juga terdapat sebuah pantai indah dengan sebuah pura di tepinya. Bahkan saat menjelang Nyepi, di pantai ini juga dilakukan upacara Melasti. Ratusan umat Hindu berbusana ala pria dan wanita Bali memenuhi bibir pantai. Nama pantai ini adalah Pantai Ngobaran.

Dibandingkan pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Ngobaran memang tampil beda. Di tempat ini wisatawan dapat menemukan pura, masjid, tempat pemujaan penganut kepercayaan kejawen, hingga tempat yang konon dipercayai sebagai petilasan Prabu Brawijaya V. Aneka patung tokoh pewayangan dan garuda pun berdiri dengan gagah di antara pohon kamboja. Tak heran, kadang orang-orang menyangka foto-foto yang diambil di Pantai Ngobaran adalah foto-foto di salah satu pantai yang ada di Pulau Bali.

Pantai Ngobaran tidak memiliki garis pantai yang panjang, sebab tepi pantai dipenuhi oleh karang-karang besar. Jika ingin bermain air, Anda cukup berjalan kaki sekitar 5 menit menuju pantai di sebelahnya yang dikenal dengan nama Pantai Nguyahan. Meski hanya terpisah tebing, karakter pantai ini sungguh berbeda. Di Nguyahan pengunjung bisa bermain di hamparan pasir luas.

Saat air laut surut di senja hari, pengunjung bisa menyaksikan warga sekitar yang memancing ikan atau mencari landak laut di sela-sela karang. Landak laut dengan duri-duri yang tajam akan berubah menjadi makanan yang nikmat tatkala keluar dari wajan penggorengan. Selain memancing dan mencari landak laut, kesibukan penduduk lainnya adalah mencari rumput laut untuk dijual.

Fakta Menarik Pantai Ngobaran

  • Di Pantai Ngobaran terdapat mushola kecil berlantai pasir dengan jendela terbuka yang menghadap ke laut lepas. Tidak seperti mushola atau masjid pada umumnya yang menghadap ke timur, mushola ini justru menghadap ke selatan. Supaya tidak membingungan orang yang ingin sholat maka di mushola ini dipasang penanda kiblat yang benar.
  • Jelang hari raya Nyepi, di Pantai Ngobaran selalu dilakukan upacara Melasti yang diikuti ratusan umat Hindu di Gunungkidul dan sekitarnya. Bagi Anda pehobi fotografi, Upacara Melasti di Ngobaran sangat menarik untuk diabadikan.
  • Di bawah masjid Pantai Ngobaran terdapat sebuah cekungan kecil. Saat air sedang surut, cekungan tersebut menjadi pantai berpasir yang sangat sepi dan bisa digunakan untuk bermain.

Lokasi dan Akses

Pantai Ngobaran – Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Akses jalan menuju pantai ini berupa jalan beraspal dengan kondisi baik. Untuk mencapai pantai ini wisatawan dapat lewat jalur Yogyakarta – Patuk – Lapangan Udara Gading – Playen – Paliyan – Trowono – Saptosari – Ngobaran. Di Pantai Ngobaran terdapat banyak warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan.