Pantai Kesirat, Pantai Tebing yang Asyik Buat Camping dan Mancing

Pantai Kesirat berbeda dari pantai pada umumnya yang berhiaskan pasir putih. Di pantai ini hanya terdapat  jajaran tebing yang biasa dijadikan lokasi rock fishing. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa camping di atas tebing.

Nama Pantai Kesirat atau Gesirat mungkin masih cukup asing di telinga wisatawan. Ya, jangankan wisatawan luar daerah, bagi penduduk Gunungkidul sendiri nama Pantai Kesirat termasuk jarang didengar. Namun justru itu asyiknya, karena belum banyak orang yang berkunjung, Pantai Kesirat masih sangat alami dan cantik.

Berbeda dari pantai pada umumnya yang identik dengan hamparan pasir putih, di Pantai Kesirat kita tidak akan menemukan hal tersebut. Kesirat bukanlah pantai berpasir yang landai, melainkan berupa tebing-tebing curam yang berbatasan langsung dengan laut dalam. Meski begitu, bukan berarti Pantai Kesirat tidak layak dikunjungi, justru keberadaannya yang di atas tebing itulah yang menjadi daya tarik tersendiri. Di pantai ini terdapat sebuah pohon besar yang berdiri sendirian di bibir tebing, mirip dengan pohon di Pantai Pok Tunggal.

Saat berkunjung ke Pantai Kesirat lupakanlah harapan untuk bermain pasir atau berkejaran di antara debur ombak. Hal paling menarik yang bisa wisatawan lakukan di tempat ini adalah menyaksikan matahari yang tenggelam di ufuk barat. Senja di Pantai Kesirat termasuk istimewa, sebab tidak terhalang oleh bangunan maupun pepohonan. Jika sedang beruntung, Anda bisa bertemu dengan para pemancing yang sedang mencari ikan atau lobster. Konon, Pantai Kesirat merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan rock fishing atau memancing dari atas ketinggian tebing.

Jika Anda penggemar aktivitas luar ruangan, camping di Pantai Kesirat merupakan pilihan yang menarik. Padang rumput yang cukup luas dan menghadap langsung ke laut lepas menjadi tempat yang cocok untuk mendirikan tenda. Saat senja tiba, Anda bisa menyaksikan sunset dari balik tenda. Dan ketika gelap meraja, milky way menjadi pemandangan yang sempurna.

Lokasi dan Akses

Pantai Kesirat terletak tak jauh dari Pantai Gesing, tepatnya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Ada 2 jalur yang bisa digunakan untuk mencapai tempat ini, yakni melewati Jalan Raya Wonosari (jalur yang biasa ditempuh jika ingin menuju Gunungkidul) atau lewat Jalur Imogiri – Panggang. Untuk akses terdekat disarankan melewati Jalan Rata Imogiri – Panggang kemudian dilanjutkan dengan Jalan Raya Panggang – Saptosari. Sebelum persimpangan terakhir menuju Pantai Gesing terdapat gang masuk ke kawasan pemukiman yang bertuliskan Pantai Kesirat. Jalan menuju Pantai Kesirat cukup berliku dengan akses yang terbilang seadanya. Untuk mencapai lokasi tebing bibir pantai pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak.

sumber foto: disini