Pantai Jogan Unik Dengan Air Terjunnya

Dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah pesisir pantai Gununkidul, pantai Jogan menempati posisi yang istimewa karena memiliki keunikan yaitu air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut Jogan. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 m dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Selama ini banyak para wisatawan yang belum tahu lokasi pantai ini yang sebenarnya berada persis di sebelah barat pantai Siung.

Untuk bisa menikmati guyuran air terjun tersebut anda harus turun kebawah dengan melewati turunan licin dan basah, untunglah sudah ada kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh. Anda harus extra hati-hati karena jalur cukup curam. Setelah itu anda akan melewati sedikit tantangan yaitu melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Penduduk sekitar sudah basa mengambil bayi kepiting tersebt untuk dimasak untuk menjadi teman makan nasi hangat.

Setelah sampai ke bawah, anda bisa menikmati keramahan air terjun tersebut dengan percikan air dan guyuran bagai tirai yang terbuat dari air yang sejuk menyegarkan. Diguyur segarnya air terjun di perbukitan karst membuat anda seakan tak percaya bahwa di Gunungkidul dimana terdapat banyak kegersangan yang sebenarnya mempunyai banyak sekali sumber air yang tersembunyi di perut bumi.

Lokasi                       

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Berjarak 70 km dari kota Jogja yang dapat ditempuh dengan waktu 2 jam atau sekitar 200 m ke arah barat pantai Siung. Kondisi jalan aspal dan mendekati lokasi jalan berubah menjadi cor blok sepanjang 1 km dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan jalur perjalanan : Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Pantai Jogan

Sedangkan bila anda menggunakan angkutan umum : Mulai dari terminal Giwangan mencari bus jurusan Jogja-Wonosari, setelah sampai di Wonosari ganti angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus anda hanya bisa menggunakan jasa ojek sewaan.

Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata pantai Jogan ini sebesar Rp.3.000,- per orang dan sudah termasuk tiket ke pantai Siung. Ongkos parkir kendaraan rada 2 sebesar Rp.2.000,-

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia ditempat ini masih minim, kita hanya dapat menemukan tempat parkir yang tidak begitu luas, dan beberapa warung makanan dan minuman.