Pantai Jogan – Pesona Air Terjun di Bibir Laut

Tidak seperti pantai pada umumnya di mana wisatawan dapat berlarian di hamparan pasir, di  Pantai Jogan wisatawan justru akan menemukan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Eksotis sekaligus menantang. 

Pesona Pantai Jogan

Selama ini Yogyakarta lebih dikenal dengan wisata budayanya. Padahal, daerah istimewa ini juga kaya akan beragam wisata alam yang tersebar dari ujung utara hingga selatan. Jajaran pantai mempesona yang membujur dari timur hingga barat akan membuat Anda berdecak kagum. Meski lokasinya banyak yang berdekatan, pantai-pantai tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing.

Salah satu pantai yang unik serta belum banyak terjamah campur tangan pembangunan adalah Pantai Jogan. Pantai yang terletak tepat di sebelah barat Pantai Nglambor dan tak jauh dari Pantai Siung ini merupakan pantai yang istimewa. Jika biasanya pantai dihiasi oleh hamparan pasir, maka tidak dengan Pantai Jogan. Lupakan adegan berkejaran dengan ombak sambil berlarian di antara pasir putih, di Pantai Jogan wisatawan justru akan menikmati gemuruh air terjun yang jatuh ke dasar laut. Sekilas ini akan mengingatkan wisatawan kepada McWay Beach Waterfall di California.

Air terjun yang ada di Pantai Jogan ini tercipta dari dua sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Aliran sungai itu kemudian menyatu dan mengalir menuruni batuan karst sehingga tercipta air terjun yang elok. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jogan bisa menikmati air terjun ini dari tepi sungai di atas tebing. Jika tidak puas hanya berada di atas tebing, wisatawan pun dapat menyusuri anak tangga kayu menuju kaki tebing guna menikmati air terjun dari bawah sekaligus menikmati debur ombak yang membentur karang.

Tips Berkunjung ke Pantai Jogan

  • Air terjun di Pantai Jogan tidak mengalir sepanjang waktu. Saat musim kemarau debit air sungai menyusut hingga terkadang air terjunnya kering. Karena itu waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Jogan adalah saat musim penghujan dimana debit air terjun sedang besar-besarnya.
  • Untuk mencapai dasar air terjun wisatawan harus melewati anak tangga kayu yang licin dan menantang, karena itu anak-anak dan manula tidak disarankan berwisata ke Pantai Jogan.
  • Datanglah di sore hari! Maka wisatawan bisa menikmati sunset yang indah dari bibir pantai.