Pantai Goa Cemara: Menikmati Debur Ombak Pantai Selatan di Bawah Rindangnya Pohon Cemara

Kabupaten Bantul selama ini hanya dikenal dengan Pantai Parangtritis-nya yang melegenda padahal kabupaten ini memiliki pantai-pantai lain yang tidak kalah indah dan menarik lainnya salah satunya adalah Pantai Goa Cemara. Dinamai Goa Cemara karena di pantai ini banyak ditemui pohon-pohon cemara yang saking rimbunya tampak seperti lorong goa sehingga warga sekitar menamainya Pantai Goa Gemara

Yang menjadi daya tarik dari pantai ini tentu saja pohon-pohon cemara yang ada di sana yang membuat para penggunjung betah untuk berlama-lama berada di pantai ini. Wisatawan yang datang untuk berliburan di pantai ini bisa menikmati pemandangan hamparan pasir pantai yang membentang luas, melihat deburan ombak samudera sembari berteduh di bawah pohon cemara dan tentu saja melihat matahari terbenam di kala senja tiba.

Saat musim liburan tiba banyak penggunjung baik dari Jogja maupun luar Jogja yang datang ke pantai ini.  Banyak yang datang bersama keluarga atau teman, menikmati liburan bersama-sama untuk sejenak menghilangkan stres yang ada. Di hari biasa, banyak juga pengunjung yang datang ke pantai ini, umumnya adalah pasangan muda-mudi yang ingin menikmati suasana pantai berdua. Menikmati angin pantai sembari menanti senja tiba untuk melihat matahari terbenam di ufuk barat.

Pantai Goa Cemara lokasinya terdapat di Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Pantai ini berada di antara Pantai Samas dan Pantai Pandansari sehingga tidak susah mencari pantai ini karena aksesnya mudah. Banyak petunjuk arah yang di pasang di pinggir jalan untuk memudahkan para wisatawan yang hendak menuju pantai ini. Jalanan menuju pantai pun mulus dan banyak pemandangan indah seperti hamparan pesawahan saat akan memasuki kawasan pantai.

Fasilitas yang ada di Pantai Goa Cemara sangat lengkap. Banyak warung-warung yang berdiri di pantai ini sehingga penggunjung tidak perlu khawatir kehabisan bekal. Kamar mandi dan toilet pun tersedia di sini. Terdapat juga musolla bagi yang ingin beribadah. Selain itu tersedia pula tempat-tempat untuk mengdakan pertemuan dan bagi yang ingin outbound, bisa melakukannya di Pantai Goa Cemara. Oleh karena itu, jika ada waktu dan kesempatan datanglah ke pantai ini.