Pantai Depok, Pusatnya Kuliner Seafood Segar di Jogja

Berwisata ke pantai rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati seafood. Namun sayangnya untuk mendapatkan olahan seafood segar di pantai-pantai yang ada di Jogja terbilang sulit. Rata-rata warung yang ada di pantai hanya menyajikan makanan cepat saji, soto, atau bakso. Bahkan jika ada menu olahan ikan itu bukanlah ikan laut.

Nah, jika Anda ingin merasakan nikmatnya hidangan laut saat berkunjung ke Yogyakarta maka Anda wajib datang ke Pantai Depok. Pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis ini merupakan pusatnya kuliner seafood di Jogja. Hal ini dikarenakan di Pantai Depok terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan.

Setiap harinya nelayan yang pulang melaut akan berkumpul di TPI guna menjual hasil tangkapan mereka. Inilah saat yang tepat untuk berburu ikan, lobster, atau udang yang masih segar. Berhubung membeli langsung di nelayan, maka harganya pun lebih miring jika dibandingkan dengan membeli di pasar atau supermarket. Semakin pintar menawar, semakin miring harga yang didapatkan.

Setelah mendapatkan ikan yang sesuai selera, bawalah ikan-ikan tersebut ke warung-warung yang ada di pinggir pantai untuk diolah sesuai dengan selera. Nantinya pemilik warung akan mengolahnya dan Anda cukup membayar nasi serta biaya memasak.

Andaikata saat Anda datang tidak ada nelayan yang pulang melaut dan menjual ikan di TPI, Anda bisa langsung datang ke warung-warung seafood tersebut. Rata-rata mereka memiliki stock ikan segar. Silahkan pilih ikan atau tangkapan laut lainnya yang disukai, lantas biarkan koki memasakkannya untuk Anda. Asam manis? Bakar madu? Tumis lombok ijo? Sup? Tinggal sebut saja. Meski warung-warung tersebut terlihat sederhana Anda jangan salah sangka. Hasil olahan koki-koki lokat tersebut rasanya juara.

Lokasi dan Akses

Pantai Depok terletak di Kabupaten Bantul, DIY. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini guna mencicipi aneka seafood segar bisa mengikuti jalan yang sama dengan jalan menuju Pantai Parangtritis. Kurang lebih 10 meter sebelum Tempat Pemungutan Retribusi Parangtritis silahkan belok kanan mengikuti jalan, nanti Anda akan menemukan Pantai Depok yang dipenuhi dengan deretan warung dan kapal nelayan yang bersandar.