Sate Klatak, Kenikmatan Dalam Sepotong Jeruji Besi

Sate Klatak merupakan sate kambing yang diolah dengan bumbu minimal namun memiliki rasa maksimal. Uniknya, potongan daging tidak ditusuk menggunakan tusuk sate biasa melainkan menggunakan jeruji besi.

Sate adalah makanan khas Indonesia yang nyaris bisa dijumpai di setiap tempat. Bahkan banyak daerah memiliki sate dengan kekhasannya masing-masing seperti Sate Padang atau Sate Madura. Di Yogyakarta pun terdapat banyak warung sate yang unik dengan tampilan dan citarasa yang khas, salah satunya adalah Sate Klatak.

Keunikan Sate Klatak ini adalah dalam hal tusuknya. Jika biasanya daging yang akan dibakar ditusuk menggunakan tusuk bambu, maka Sate Klatak ditusuk menggunakan jeruji besi roda sepeda. Tentunya penggunaan jeruji sebagai tusuk sate bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan jeruji besi mampu menjadi penghantar panas yang baik sehingga bagian dalam daging yang dibakar bisa matang sempurna.

Untuk soal rasa, Sate Klatak ini terbilang memiliki cita rasa yang sangat khas. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya yang sebelum dibakar dibumbui aneka rempah, bumbu Sate Klatak cukup garam dan sedikit ketumbar. Semua bumbu tersebut dibalurkan ke potongan daging kambing, kemudian dibakar. Setelah daging matang, Sate Klatak akan disajikan bersama nasi putih, kuah gulai dan potongan cabe rawit. Bumbu yang digunakan boleh minimalis, namun soal rasa dijamin juara. Lekeeeer! Dagingnya empuk dan bebas dari bau prengus.

Jika tidak suka kuah gulai, pengunjung bisa minta kecap dan merica sebagai penggantinya. Nasi putih hangat dan potongan daging kambing bakar menjadi perpaduan sempurna yang menggoyang lidah Anda. Sebagai pamungkas, segelas teh hangat maupun jeruk hangat bisa dijadikan pilihan untuk melepas dahaga.

Lokasi Sate Klathak

Bagi Anda yang ingin mencicipi Sate Klatak, silahkan susuri Jalan Imogiri Timur. Di sepanjang jalan menuju kawasan Makam Raja-Raja Imogiri terdapat banyak penjual sate klatak. Salah satu warung yang terkenal adalah Sate Klatak Pak Pong yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 24.00 WIB. Namun jika ingin mendapatkan Sate Klatak yang benar-benar original silahkan kunjungi kompleks Pasar Jejeran, Jalan Imogiri Timur. Saat malam hari, kios-kios pedagang akan berubah menjadi warung sate.