Kuliner Legendaris Gunungkidul Yang Wajib Anda Coba

Selain memiliki jajaran pantai berpasir putih nan indah dan gua-gua bawah tanah yang eksotis, Kabupaten Gunungkidul juga memiliki kekayaan kuliner yang menggoda. Dari sego abang, sate, bakmi godhok, hingga tiwul, semuanya dijamin mampu menggoyang lidah Anda.

Berwisata ke suatu tempat tanpa mencicipi kulinernya yang melegenda seumpama makan sayur namun kurang garam, tidak lengkap dan tidak nikmat. Sebagai destinasi wisata yang tengah naik daun akan keindahan pantainya dan juga pesona wisata karstnya, Gunungkidul juga memiliki kekayaan kuliner. Setelah lelah beraktivitas di obyek wisata, kini saatnya Anda mencicipi aneka kuliner Gunungkidul yang legendaris.

Sate Kambing Pak Turut

Sate Kambing Pak Turut merupakan sate kambing paling terkenal di Gunungkidul karena citarasanya yang sangat khas. Lebih dari seperempat abad yang lalu, Pak Turut menjajakan satenya dengan cara berkeliling menggunakan pikulan. Seiring berjalannya waktu sate Pak Turut semakin terkenal sehingga dibukalah warung di Jl Kesatrian, tak jauh dari Alun-Alun Wonosari Yogyakarta. Saat Pak Turut meninggal, usaha ini diteruskan oleh anak-anaknya.

Sate Pak Turut memiliki perpaduan citarasa yang khas, daging kambing nan empuk berpadu dengan bumbu gulai yang dimasak bersama beragam rempah yang dikenal dengan istilah empon-empon. Taburan cabai dan merica bubuk serta irisan kubis dan mentimun menjadikan sate Pak Turut semakin lezat. Selain sate, di warung ini juga disediakan menu tongseng kambing, gulai kambing, dan tengkleng. Harga per porsi rata-rata Rp 20.000. Warung Sate Kambing Pak Turut buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB. Untuk pemesanan bisa menghubungi nomor (0274) 7489282.

Sego Abang Mbah Jirak / Lesehan Pari Gogo

Meski nama yang terpampang di depan adalah Lesehan Pari Gogo, warung yang terletak di samping Kali Jirak ini lebih dikenal dengan nama Sego Abang Mbak Jirak. Sudah beragam orang yang singgah di warung ini, mulai dari masyarakat biasa hingga Sultan Hamengku Buwono X dan mantan presiden Megawati Sukarnoputri. Karena itu soal rasa dijamin menggugah selera.

Menu utama di warung ini adalah sego abang atau nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo, dan trancam. Selain itu ada juga belalang goreng. Semuanya disajikan dalam piring-piring kecil yang bisa dimakan beramai-ramai. Nasinya empuk dan gurih karena masih mempertahankan proses tradisional mulai dari penanaman beras, panen, hingga dimasak menjadi nasi. Minuman yang ada di warung ini juga beragam mulai dari wedang poci gula batu, es jeruk, es kelapa muda, hingga soft drink. Warung Sego Abang Mbah Jirak terletak di Jl Wonosari – Semanu, Gunungkidul. Buka setiap hari dari pagi hingga pukul 16.00 WIB.

Thiwul Yu Tum

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Gunungkidul, maka Thiwul Yu Tum ini adalah solusinya. Berbeda dengan thiwul yang biasa dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pokok, hTiwul Yu Tum telah mengalami inovasi sehingga cocok dijadikan kudapan dan oleh-oleh. Thiwul Yu Tum memiliki tekstur yang pulen dan lembut serta disajikan dalam beragam rasa seperti original, keju, dan coklat. Penganan ini disajikan dengan parutan kelapa.

Selain thiwul, di warung yang terletak di Jalan Pramuka no 36 (Sebelah Balai Desa Wonosari) juga menyediakan aneka olahan singkong seperti gatot yang manis, keripik, hingga gethuk goreng. Bagi yang ingin memasak thiwul di rumah juga tersedia thiwul instan. Gerai Thiwul Yu Tum buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 20.30 WIB. Untuk pemesanan thiwul dengan rasa khusus bisa menghubungi )0274) 7889300.