Brongkos Alkid “Handayani”, Kelezatan Dalam Semangkuk Brongkos

Brongkos Handayani, Yogyakarta yang terletak di Alun-alun Kidul Yogyakarta merupakan salah satu tempat makan yang cukup melegenda. Selain menyajikan brongkos dengan bumbu istimewa, warung ini juga menjual soto ayam dan nasi pecel yang tak kalah lezatnya.

Bila Anda bertandang ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khasnya. Selain gudeg, di Jogja juga terdapat kuliner lain yang patut dijajal, yakni brongkos. Sayur brongkos merupakan olahan yang berbahan dasar kacang tolo, tahu, telur, dan tetelan, kemudian dicampur dengan santan yang telah dibumbui aneka rempah. Kluwak yang dijadikan salah satu bumbu utama menjadikan sayur brongkos berwarna khas, coklat pekat.

Salah satu warung brongkos yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah Warung Brongkos Handayani atau yang lebih dikenal dengan nama Brongkos Alkid. Hal ini dikarenakan warung brongkos Handayani terletak di kompleks Alun-alun Kidul Yogyakarta. Warung ini didirikan oleh pasangan Adijo dan Saridjem sejak tahun 1960-an, dan kini keberadaannya diteruskan oleh anak-anaknya.

Brongkos Handayani ini dimasak menggunakan beragam rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, cabai, lengkuas, kencur sunthi, dan masih banyak lagi. Tak lupa juga kluwak sebagai salah satu bumbu utamanya. Menurut pemiliknya, ada sekitar 16 jenis bumbu yang digunakan untuk memasak brongkos ini. Semua bumbu tersebut lantas dicampurkan dengan rebusan kaldu sapi nan gurih dan tinggi protein. Tak heran jika akhirnya tercipta semangkuk brongkos nan lezat dan membuai lidah.

Warung Brongkos Alkid ini menyediakan nasi brongkos telur dan nasi brongkos koyor. Khusus untuk nasih brongkos koyor hanya tersaji dalam bentuk koyor berkuah tanpa tambahan kacang tolo dan tahu. Sedangkan brongkos telur disajikan lengkap. Sebagai penyempurna sajian akan akan ditambahkan irisan bawang goreng. Selain menjual nasi brongkos, warung ini juga menjual nasi pecel dan soto ayam yang tak kalah lezatnya.

Lokasi dan Jam Buka Brongkos Alkid “Handayani”

Warung Brongkos Handayani terletak salah satu sudut Alun-alun Kidul Yogyakarta, tepatnya di ruas jalan menuju Plengkung Gading. Jika datang dari arah Utara, Brongkos Handayani terletak di kanan jalan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga sore hari atau jika brongkos telah habis.