7 Tempat Nongkrong Populer di Jogjakarta

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta dipenuhi oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah. Hal tersebut menyebabkan banyaknya tempat-tempat nongkrong yang tersebar di seluruh penjuru Yogyakarta. Berikut tempat-tempat nongkrong yang populer di Yogyakarta:

  1. Legend Coffee

Cafe ini merupakan tempat nongkrong paling ngehits saat ini. Terletak di lokasi strategis yakni dekat dengan Malioboro dan Stadion Kridosono, Legend Coffe yang buka selama 24 jam selalu ramai pengunjung. Cafe ini memiliki arsitektur rumah Belanda yang unik dan elegan. Menunya pun beragam mulai dari menu Indonesia seperti nasi goreng dan bubur ayam hingga menu barat seperti spaghetti macaroni dan beef steak. Begitu juga minumannya. Soal harga, cafe ini terbilang murah sehingga menjadi primadona bagi para mahasiswa.

Yang membuat betah para pengunjung adalah fasilitas di Legend Coffe yangmelimpah seperti wifi, soccer table, bilyang mini, kamabol, dart games, PS3, hingga Nitendo. Semuanya itu bisa digunakan oleh pengunjung secara gratis.

  1. Warkop Semesta

Warkop Semesta buka setiap hari, 24 jam tanpa henti. Karena itu tempat ini cocok dijadikan tempat nongkrong dengan siapa pun dan kapan pun. Seperti layaknya warkop masa kini, Semesta juga dilengkapi dengan fasilitas wifi sehingga bisa menjadi salah satu alternatif tempat diskusi dan belajar kelompok.

Walau menu utamanya adalah korp namun cafe ini juga menyajikan minuman lain seperti teh, coklat, softdrink, hingga jus. Makanannya pun beragam mulai dari snack ringan seperti pisang bakar dan jamur crispy hingga makanan berat seperti nasi penyet dan spaghetti.

  1. House of Raminten

House of Raminten merupakan salah satu tempat nongkrong sekaligus destinasi wisata kuliner yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Mengusung konsep “unique, antique, elegant” House of Raminten berusaha menghadirkan pesona masa lalu dalam konsep kekinian. Sejak awal memasuki cafe ini pengunjung akan disambut pelayan yang mengenakan kemben dan pakaian jawa serta alunan gamelan. Yang paling menarik dari House of Raminten adalah menu dan cara penyajiannya. Beberapa menu unik akan dijumpaii di tempat ini semisal Wedang Gajah Ndekem, Es Melonkolis, Ayam Koteka, Bubur Kelasworo, Cunduk Raminten, dan masih banyak lagi.

  1. Angkringan KR

Saat malam hari halaman depan Kantor Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat, tepatnya di Jalan Mangkubumi selalu dipenuhi warga jogja yang menikmati hidangan Angkringan KR berlokasi di halaman. Angkringan ini memang sudah terkenal di Jogja sebagai tempat nongkrong para komunitas dan juga kawula muda yang mengaku berkantong cekak. Angkringan ini tidak pernah sepi, terutama saat weekend.

  1. Angkringan Wijilan

Angkringan Wijilan berlokasi di Jalan Wijilan, kira-kira 50 meter ke selatan Plengkung Gading Wijilan. Mulanya angkringan ini hanya terdiri dari satu lantai namun sekarang menjadi dua lantai dan tetap rame. Makanan yang disajikan di sini juga cukup beragam mulai dari sambal teri, sate jeroan, sate telur, telur ceplok, tumis cumi-cumi, ayam goreng, dan lain-lain. Harga makanan dan minuman di sini berkisar antara Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000 saja.

  1. Kedai 24 Yogyakarta

Dari namanya sudah pasti warung ini buka 24 jam. Kedai 24 jam ini menyajikan aneka minuman dan makanan yang murah. Menu di kedai ini sebenarnya sama dengan warung-warung pada umumnya hanya nama menunya unik-unik sehingga menjadi ciri khas kedai ini. Kedai 24 menjadi tempat nongkrong yang digandrungi oleh anak muda Jogja saat ini. Apalagi tersedia beberapa permainan seperti kartu, Uno hingga catur. Terdapat pula wifi sehingga para pengunjung bisa berselancar di sini hingga puas.

  1. KaliMilk

Salah satu tempat nongkrong di Kota Yogya yang banyak di gemari yang menyajikan susu sebagai menu utamanya adalah Kalimilk Yogyakarta. Uniknya cafe yang terletak di Jl. Kalurang KM 4.9 ini mempunyai sebutan sendiri untuk para pelanggannya yakni Neneners. Menu yang di sajikan oleh kuliner yang satu ini tidak hanya rasa susu original saja, akan tetapi tersedia berbagai rasa seperti susu rasa durian, cookies, coklat dan bagi yang suka ngemil di Kalimilk juga tersedia bebrbagai macam snack. Pengunjung bisa menikmati lezatnya susu saembari menyaksikan mobil yang lau-lalang di Jalan Kaliurang yang tidak pernah sepi.