5 Bakpia Paling Populer di Jogja

Wisata Kuliner di Jogja – Jika datang ke Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Jogja selain gudeg yaitu bakpia. Bakpia merupakan olahan makanan yang terbuat dari campuran berbagai macam isian (kacang hijau, susu, keju, dll) dengan gula yang dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian dipanggang. Makanan ringan ini bisa menjadi cemilan bagi para wisatawan yang datang ke kota ini. Selain itu pula bakpia bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau rekan kerja. Di artikel ini kami akan membahas secara singkat mengenai bakpia yang yang populer di Jogja:

  1.       Bakpia Patuk 25

Bakpia Patuk 25 bisa dikatakan bakpia paling terkenal di Jogja. Banyak toko bakpia 25 yang tersebar di kota ini. Di Bakpia 25, pengunjung bisa membeli berbagai macam bakpia dengan berbagai varian rasa. Selain itu jika membeli bakpia di tempat ini, pengunjung bisa melihat secara langsung pembuatan bakpia di pabriknya. Jadi pengunjung bisa membawa pulang bakpia yang masih hangat karena baru diangkat dari pemanggangan. Selain itu terdapat berbagai macam cemilan lain selain bakpia yang bisa dibeli dan dinikmati sendiri atau dijadikan oleh-oleh.

  1.       Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari saat ini menjadi bakpia yang paling banyak dicari oleh para wisatawan yang datang ke Jogja. Produk ini terkenal dengan kelezatan dan kelembutannya. Selain itu bakpia ini juga memiliki berbagai macam rasa. Jika umumnya bakpia memiliki rasa kacang hijau, di Bakpia Kurnia Sari yang paling terkenal adalah rasa greentea dan juga rasa coklat. Bahkan terdapat rasa durian dan juga keju. Produk ini bisa bertahan hingga 3 minggu jika disimpan di dalam kulkas.

  1.       Bakpia Kencana

Bakpia Kencana menawarkan konsep open kitchen yang menarik karena setiap pembeli bisa menyaksikan secara langsung dapur yang memproses pembuatan bakpia ini. Walau tokonya tidak sebesar bakpia lainnya dan jauh dari pusat kota namun Produk Bakpia Kencana sangat populer dan disukai oleh para wisatawan. Bakpia Kencana menawarkan 7 varian rasa yaitu susu, coklat ubi, keju, kumbu hitam, kacang hijau, dan crispy. Lokasi Bakpia Kencana berada di SPBU di Jalan Jogja-Magelang KM 23 Salam, Kabupaten Magelang.

  1.       Bakpia Merlino

Bakpia Merlino terhitung pendatang baru di dunia perbakpian di Jogja. Awalnya Toko Merlino merupakan toko roti biasa yang menjual roti kering dan basah. Pada tahun 2000an toko ibi baru memproduksi bakpia yang ternyata mendapat sambutan hangat karena keunikannya. Bakpia Merliano berbeda dengan bakpia pada umumnya karena ukurannya yang mungil. Soal rasa, bakpia ini berani diadu karena memiliki kulit yang tipis yang menambah kelembutan makanan ini. Varian rasa bakpia produk ini beraneka ragam serta telah mengikuti perkembangan  jaman. Terdapat beberapa rasa seperti ubi ungu, kacang hijau, coklat, susu, keju, cappuccino, dan green tea. Produk andalannya adalah bakpia green tea dan cappucino.

  1.       Bakpia Patuk 75

Bakpia ini merupakan bakpia legendaris yang ada di Jogja. Berdiri pada tahun 1948 oleh Yung Yen, bakpia ini masih mempertahankan cita rasanya yang unik karena masih mempertahankan rasa dan cara memasaknya secara tradisional. Oleh sebab itu banyak pengunjung yang berburu cemilan ini saat datang ke Jogja

Demikian penjelasan singkat mengenai bakpia paling populer di Jogja. Masih banyak bakpia lainnya yang ada akan kami bahas di lain kesempatan. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan referensi saat berkunjung di Jogja dan menjadikanya paket wisata di Jogja.