Bertualang ke Era Mataram Kuno Di Yogyakarta

Paket tour Jogja – Dahulu kala di Dataran Prambanan berdiri sebuah kerajaan besar yang bernama Kerajaan Mataram Kuno atau Kerajaan Medang. Kerajaan yang berdiri pada abad ke 8 ini sangat besar dan jaya yang bisa dilihat dari peninggalan-peninggalannya yang masih tersisa dan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia hingga sekarang. Peninggalan terbesar kerajaan ini berupa candi-candi yang masih berdiri kokoh dan menjadi bukti betapa besarnya kerajaan ini. Bangunan candi yang terkenal tentu saja Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Kalasan dan sebuah istana yaitu Istana Ratu Boko. Belum lagi banyak candi-candi kecil yang berdiri di kawasan tersebut. Candi yang berumur seribu tahun lebih itu memiliki keunikan dan pesonanya masing-masing. Berikut penjelasan singkat kami mengenai candi-candi tersebut yang bisa menjadi paket wisata Jogja:

  1.       Candi Prambanan

Candi pertama adalah Candi Prambanan. Bangunan ini merupakan candi terbesar dan tertinggi yang ada di dataran Prambanan. Berdiri menjulang di sisi utara Jogja membuat candi ini diklaim sebagai salah satu candi Hindu terbaik dan tercantik di Indonesia. Tersusun dari batu andesit, Prambanan masih berdiri tegak hingga sekarang berkat renovasi yang tidak pernah berhenti dilakukan oleh pemerintah maupun organisasi luar negeri. Candi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan tiket sebesar Rp. 40.000,- pengunjung bisa menyaksikan kemegahan dari candi yang di bangun pada abad ke 8 ini. Sebagai sebuah Kerajaan Hindu, Mataram Kuno berhasil membuktikan bahwa mereka bisa mendirikan sebuah bangunan yang megah dan indah.

  1.       Candi Sewu

Masih satu komplek dengan Komplek Candi Prambanan, berdiri sebuah candi besar lainnya yang tidak kalah indah dan mempesona. Candi tersebut adalah Candi Sewu. Candi Sewu merupakan candi Budha yang mana merupakan candi resmi bagi umat Budha yang ada di Kerajaan Mataram. Hal tersebut membuktikan kalau pada eranya toleransi dijunjung sangat tinggi. Candi Sewu memang tidak seramai Candi Prambanan namun candi ini  tidak kalah pesonanya dengan tetangganya tersebut.

  1.       Istana Ratu Boko

Peninggalan selanjutnya bukan berupa candi tapi berupa bangunan yang diperkirakan sebuah keraton atau istana yaitu Istana Ratu Boko. Berdiri di sebuah bukit, istana ini masih menyisakan beberapa bagian yang masih dapat dinikmati hingga sekarang. Bagian yang masih tersisa dan menjadi ikon dari tempat ini adalah pintu masuk menuju keraton. Selain itu berdiri pula sebuah candi dan juga padepokan yang merupakan tempat kediaman keluarga raja. Selain daya tarik berupa bangunan kuno, tempat ini juga terkenal sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam.

Ketiga bangunan tersebut merupakan sedikit contoh dari peninggalan Mataram Kuno. Masih banyak lagi peninggalan-peninggalan lainnya yang akan kami rangkum dalam artikel selanjutnya. Bagi Anda yang menyukai wisata candi bias menjadikannya sebagai paket tour Jogja karena lokasinya berdekatan satu sama lainnya.