Megahnya Arsitektur Cina dan Jawa Di Klenteng Sam Poo Kong

Jika Anda menyukai bangunan atau arsitektur klasik bisa datang ke Klenteng Sam Poo kong yang ada di Kota semarang. Kelenteng ini merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Semarang yang mana bangunanya merupakan perbadauan antara budaya Cina dan juga budaya lokal yaitu Jawa. Klenteng Sam Poo Kong saat ini selain sebagai tempat ibadah bagu umat Kong Hu Chu juga merupakan objek wisata paling disukai oleh masyarakat Semarang dan juga sekitarnya. Setiap hari banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan keindahan dari klenteng ini.

Terkenal juga sebagai Klenteng Gedung Batu, tempat ibadah ini telah dibangun pada awal abad ke 15 salat salah satu diplomat dari Cina bernama Zhang Hee singgah di Semarang dan mendirikan tempat ibadah ini. Saat Zhang Hee melanjutkan perjalananya, salah satu pembantu dan beberapa krunya memilih untuk tinggal yang mana kemudian mengembangkan kawasan ini menjadi lebih ramai lagi.

Setelah hancur dan berkali-kali dibangun akhirnya Klenteng Sam Poo Kong berdiri dengan megah hingga saat ini. Komplek klenteg terdiri dari 5 buah klenteng yang merupakan perpaduan dari budaya Cina dan Jawa. Perpaduan tersebut menghasilkan sebuah bangunan yang unik dan berbeda sehingga banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini.

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong:

Klenteng Sam Poo Kong berlokasi di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya tidak di pusat kota namun cukup mudah untuk sampai ke lokasi ini karena aksesnya mudah. Bagi wisatawan yang ambil paket wisata Jogja bisa mampir ke tempat wisata ini. Jika memerlukan bus karena membawa rombongan besar bisa sewa bus pariwisata di Jogja.

Tiket dan Jam Buka Klenteng Sam Poo Kong:

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 21:00 WIB. Tiket masuk kawasan ini sebesar Rp. 5.000 perorang untuk hari Senin hingga Jumat dan Rp. 8.000,- untuk hari Sabtu dan Minggu. Untuk masuk area sembahyang akan dikena biaya Rp. 20.000,-

Tips wisata di Klenteng Sam Poo Kong:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman digunakan saat berkegiatan di luar ruangan.
  2. Bawa tutup kepala saat datang saat siang.
  3. Pakai alas kaki yang sekiranya enak dipakai berjalan.
  4. Bawa air mineral untuk berjaga-jaga ketika haus.
  5. Jangan lupa memotret setiap momen indah di tempat ini.
  6. Jagalah kebersihan kawasan wisata Klenteng Sam Poo Kong.