Wisata Gunung Merapi

Pagi hari merupakan saat terbaik menikmati keindahan pemandangan gunung Merapi yaitu sebelum kabut turun menyelimuti keindahan gunung tersebut. Yaitu sekitar jam 07.00 pagi anda harus sudah mulai berangkat menuju Kaliadem, sebuah kawasan sejuk yang berada di kaki Gunung Merapi, sekitar 35 km utara kota Yogyakarta merupakan tempat yang cocok melihat keindahan gunung merapi. Lokasi yang tak jauh dari kota Jogja membuat wisata gunung merapi sebagai alternatif wisata adrenalin.

Keindahan pesona Gunung Merapi tak terbantahkan lagi yang beradu dengan misteri dan tragedi yang melingkupi gunung. Sehingga banyak menjadi pilihan bagi penyuka olahraga outdoor menjadikan Merapi sebagai alternatif tujuan wisata gunung.  Jika cuaca tidak berkabut dapat kita lihat dengan jelas gunung tersebut menjulang tinggi dan gagah dari empat kota yang mengitarinya, Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali. Udara yang segar menyejukkan dan keramahan penduduk yang menghangatkan merupakan bagian dari keindahan gunung Merapi ini.

Pasca letusan besar pada tahun 2010, ada beberapa yang berubah pada tempat ini, yang justru menambah pesona daya keindahan gunung Merapi ini. Desa –desa yang berjarak 4 – 6 km dari puncak Merapi tidak bisa dihuni lagi. Sebagai gantinya banyak berdiri hunian sementara (Huntara) yang di peruntukkan bagi pengungsi yang kehilangan rumahnya. Akan anda lihat juga di situ beberapa jembatan masih terputus yang disebabkan oleh lahar dingin maupun awan panas.

Kawasan bekas letusan tahun 2010 tersebut sekarang ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk dijadikan tempat wisata volkano trekking. Para wisatawan dapat melewati jejak letusan ynag terjadi pada waktu yang lalu, termasuk diantaranya mengunjungi bekas rumah Mbah Maridjan, seorang tokoh juru kunci yang legendaris. Di Desa Kepuharjo dan Desa Kinahrejo sekarang ini di manfaatkan dan dikelola oleh penduduk sekitar untuk kawasan wisata volcano trakking.

Kaos yang bertuliskan nama kedua desa tersebut menghiasi warga yang mengelola kedua kawasan tersebut. Letusan tahun 2010 menyisakan jejak di dua kawasan tersebut. Kawasan yang banyak tertimbun material vulkanik dan diterjang lahar dingin terjadi di Desa Kepuhrejo, sehingga warga setempat pun akkan sulit mengenali batas –batas dimana dulu mereka tinggal. Sementara itu kawasan yang banyak diterjang awan panas terjadi di Desa Kinahrejo, yang kalau kita lihat keadaanya sekarang masih terlihat sisa sisa reruntuhan bekas pemukiman penduduk.

Tunas –tunas dari sisa sisa tanaman yang meranggas dan gosong mulai muncul membentuk tanaman baru di kedua desa tersebut. Bila anda lelah menyusuri daerah tersebut maka anda juga bisa menggunakan jasa ojek untuk melanjutkan perjalanan anda. Sebagaian penduduk selain berprofesi menyewakan jasa ojek, ada juga yang berjualan berbagai souvenir, makanan dan minuman, kaos bergambar mbah Maridjan termasuk berjualan CD rekaman meletusnya Gunung Merapi tahun 2010. Untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan gunung Merapi ditempat tersebut sudah tersedia pusat informasi yang siap membantu anda.

Dengan mata dan kepala sendiri, para wisatawan dapat melihat kehebatan letusan gunung tersebut dengan melihat akibat yang ditinggalkannya di tempat tersebut. Didekat bekas rumah mbah Maridjan yang sekarang sudah dibangun semi permanen terpasang foto-foto untuk mengenang kejadian letusan besar tahun 2010. Ditempat tersebut terpasang foto-foto rumah mbah Maridjan dan lingkungan sekitar sebelum dan sesudah letusan tersebut.

Setelah anda lelah melakukan perjalanan napak tilas tersebut maka saatnya beristirahat sambil menikmati jadah tempe, wedang gedhang dan nasi pecel serta beberapa makanan khas daerah lereng Merapi.

Bagi anda yang ingin mendaki gunung Merapi, maka anda harus mendapatkan informasi terkini bahwa status gunung tersebut dalam keadaan normal. Pasca letusan besar 2010, jalur pendakian yang relatif lebih mudah yaitu melawati jalur Selo Boyolali. Untuk menuju Selo Boyolali anda bisa melalui kabupaten Magelang arah wisata Ketep Magelang . Wisata gunung merapi Menjadikan pengalaman yang tidak bisa dilupakan bila anda bisa mengamati keindahan lava pijar dari gunung tersebut yang akan menjadi inspirasi tersendiri bagi anda.

Untuk menyusuri lereng dan punggung gunung tesebut di butuhkan waktu sekitar 5 jam dan sebaiknya pendakian dimulai pada waktu dini hari sehingga anda dapat melihat pemandangan yang menawan sewaktu sinar matahari untuk mulai menyinari gunung penug legenda ini.

Lokasi

Gunung Merapi terletak di tengah pulau Jawa yang menempati beberapa wilayah seperti :

  • Lereng sisi selatan masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman Yogyakarta
  • Lereng sisi barat masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang
  • Lereng sisi utara dan timur masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali
  • Lereng sisi tenggara masuk dalam wilayah Klaten

Akses

Untuk sampai ke Gunung Merapi banyak jalan yang dapat kita pilih.

  • Jalur pertama : Melalui Desa Kinahrejo yang terletak 2 km sebelah timur Kaliurang. Dari Kinahrejo ke puncak merapi berjarak 9 km ditempuh dalam waktu 10 jam dengan medan yang cukup terjal.
  • Jalur kedua : Melalui daerah Selo kabupaten Boyolali yang berlokasi diantara gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari Yogyakarta menggunakan bus sampai Kartosuro selanjutnya menuju ke Boyolali dan akhirnya sampai Selo

Jalur pendakian sebelumnya memang melalui sisi utara dari Selo yaitu di Desa Tlogolele Boyolali. Desa ini terletak di antara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Pendakian dari Selo ini memakan waktu 5 jam sampai puncak. Jalur lain yang dapat ditempu melalui sisi barat yaitu dari Sawangan Magelang dan melalui sisi tenggara dari arahh Deles, Kemalang Klaten.

Setelah letusan besar 2010 tersebut jalur pendakian dialihkan melalui bukit Pronojiwo Kaliurang Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Untuk melewati jalur ini memakan waktu sekitar 7   jam untuk sampai puncak dengan jalan yang lumayan terjal.

Harga Tiket

  • Tiket wisata Volcano trekking Kinahrejo Rp.5.000,- (2014)
  • Tiket wisata Volcano Trekking Kepuhharjo Rp.5.000,-
  • Tiket parkir kendaraan Rp.2.000,-
  • Ojek dari Kinahrejo – bekas rumah Alm Mbah Maridjan Rp20.000,-
  • Ojek dari Kepuharjo – Kaliaden Rp.35.000 – Rp. 50.000,-

Fasilitas

Fasilitas yang mendukung kepariwisataan banyak tersedia di kawasan Kaliurang yang merupakan lereng gunung Merapi yang menawarkan pemandangan yang indah dengan udara yang segar menyejukan.

Di kawasan Kaliurang tersedia tempat perkemahan yang sering digunakan untuk kegiatan para pelajar dan pramuka dan terdapat jalur lintas jelajah alam yang sering dipakai untuk mengekplorasi keindahan alam dari dekat.

Sarana penginapan seperti vila dan bungalow juga tersedia di tempai ini. Di kawasan ini sering dimanfaatkan untuk melangsungkan acara – acara seperti konferensi, seminar, rapat, lokakarya, penataran dan lain-lain.