Objek Wisata di Kawasan Mangunan Populer 2018

Tour di Jogja – Maraknya pariwisata yang ada di Jogja membuat dibukanya kawasan-kawasan wisata yang dulunya tidak dianggap oleh banyak pihak. Semanjak menikmatnya kunjungan wisatawan yang datang membuat pemda yang ada di Jogja mulai menggali potensi wisata di daerah mereka dan hasilnya pun positif. Salah satu kawasan wisata yang populer adalah Kawasan Wisata Mangunan yang berada di Kabupaten Bantul. Pemda setempat berhasil menyulap kawasan yang dulunya hanya hutan pinus menjadi sebuah destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Dibantu oleh masyarakat sekitar dan juga banyak pihak lainnya kawasan yang dulunya sepi sekarang selalu ramai. Perekonomian pun menggeliat di kawasan ini dan membuat masyarakat sekitar bisa menikmatinya. Di tempat ini terdapat beberapa objek wisata yang lokasinya berdekatan sehingga bisa menjadi paket wisata di Jogja. Apa saja objek wisata yang ada di Mangunan? Berikut penjelasannya:

  1.       Taman Buah Mangunan

Taman Buah Mangunan atau Puncak Mangunan merupakan pioner dari wisata yang ada di kawasan ini. Di bangun untuk tempat rekreasi alternatiif, Puncak Mangunan sekarang menjadi salah satu objek wisata utama di Kabupaten Bantul. Puncak Mangunan menjadi awal dari berkembangnya pariwisata di tempat ini. Setelah sukses dengan Puncak Mangunan, masyarakat dan pemda pun mulai bersemangat membuka objek wisata lainnya yang berdekatan. Di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah atau sekedar menikmati suasana kebun yang segar dan asri.

  1.       Hutan Pinus Mangunan

Setelah sukses dengan Taman Buah Mangunan, pemda pun mulai serius menggarap pariwisata di kawasan ini. Langkah selanjutnya adalah dengan membuka kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan. Hutan pinus Mangunan yang lokasinya dekat dengan Puncak Mangunan pun semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sini pengunjung dapat bersantai menikmati alam hutan pinus yang telah dibersihkan dan ditata dengan baik. Udara yang segar serta pemandangan yang teduh menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini.

  1.       Jurang Tembelan Kanigoro

Selain pemda, masyarakat sekitar pun ikut berpartisipasi membuka lahan baru dan menciptakan objek wisata yang tidak kalah indah dan unik salah satunya adalah Jurang Tembelan. Tempat wisata ini dimiliki oleh pribadi yang melihat peluang yang besar di sektor pariwisata. Tempat ini pun terkenal sebagai lokasi foto terbaik yang ada di Mangunan. Pengelola dengan cerdik membangun sebuah instalasi atau bangunan berbentuk perahu yang menghadap ke lembah. Pengunjung pun menyukai bangunan tersebut dan suka berfoto karena hasilnya sangat indah karena latar foto yang juga indah.

Dengan semakin populernya kawasan ini membuat perekonomian warga sekitar menjadi menikah. Mereka bisa berusaha dengan membuka warung atau menjadi pegawai di objek wisata tersebut. Tentu hal tersebut menjadi kabar baik bagi pemda yang selalu berjuang keras untuk mensejahterakan rakyatnya. Demikian sedikit informasi mengenai wisata yang ada di Kawasan Mangunan semoga berguna bagi Anda yang sedang menikmati paket tour di Jogja.