Merapi Lava Tour – Menyusuri Sisa Erupsi Bersama Jeep Willys

Merapi tak pernah ingkar janji. Begitulah kata orang-orang. Usai erupsi besar yang terjadi pada tahun 2010, gunung teraktif di dunia ini mulai menunjukkan berkahnya bagi warga sekitar. Setelah statusnya yang aman, wisatawan yang penasaran akan keganasan erupsi Merapi mulai berbondong-bondong mengunjungi tempat ini.

Merapi Lava Tour Makin Diminati

Melihat animo yang besar dari masyarakat untuk menyaksikan sisa erupsi Merapi, maka warga sekitar lereng Merapi membuat atraksi wisata baru bertajuk Merapi Lava Tour. Menggunakan jeep Willys, wisatawan yang mengikuti paket wisata ini akan diajak menyusuri lereng Merapi, mulai dari Kaliurang, Kinahrejo, Kalikuning, hingga bunker Kaliadem yang pernah menewaskan 2 orang relawan saat erupsi Merapi tahun 2006.

lava-merapi-tour

Perjalanan menggunakan jeep dan berbagai kendaraan adventurer ini akan sangat menyenangkan sekaligus menantang. Di sepanjang jalan wisatawan dapat menyaksikan sisa-sisa keganasan erupsi Merapi yang meluluhlantakkan Kinahrejo dan sekitarnya. Bekas hunian warga yang ambruk, timbunan material vulkasik berupa pasir dan kerikil, serta batu-batu berukuran besar yang dimuntahkan dari perut Merapi bisa ditemui di sepanjang jalan. Menyusuri jalan pulang, wisatawan akan diajak melewati jalur offroad yang sangat menantang serta menyeberangi sungai.

Paket Merapi Lava Tour

Wisatawan yang tertarik untuk mengikuti Lava Tour Merapi dapat memilih sendiri paket tournya. Paket wisata ini terbagi menjadi 4 yakni short trip, medium trip, long trip, dan paket sunrise. Adapun rute dan tarifnya sebagai berikut:

• Short Trip (1 – 1,5 jam, Rp 350.000)
Tlogo Putri Kaliurang – Museum Gunung Merapi – Kali Opak – Dusun Petung – Batu Alien – Mini Museum Sisa Erupsi Merapi – Bunker Kaliadem – Kaliurang.

Medium Trip (2 – 2,5 jam, Rp 450.000)
Rutenya sama dengan paket short trip ditambah dengan menyusuri Kali Gendol yang menjadi tempat mengalirnya material erupsi Merapi serta Huntap warga yang kehilangan tempat tinggalnya.

• Long Trip (3 – 3,5 jam, Rp 550.000)
Rute medium trip ditambah dengan mengunjungi makam Mbah Maridjan, makam massal warga, serta Bukit Glagahsari.

• Paket Sunrise (Rp 550.000)
Wisatawan yang akan mengikuti paket sunrise diharapkan tiba di basecamp pukul 04.00 WIB kemudian akan diajak menikmati matahari terbit di seputaran lereng Merapi. Setelah menyaksikan sunrise, perjalanan akan dilanjutkan menuju Museum Sisa Erupsi, Batu Alien, serta Bunker Kaliadem.

Satu mobil jeep bisa dinaiki oleh 4 orang. Jika lebih dari itu wajib membayar biaya tambahan. Selain paket Lava Tour menggunakan jeep, ada juga paket Lava Tour menggunakan motor trail dengan tarif Rp 150.000 untuk sewa selama 2 jam. Paket ini jauh lebih menantang karena wisatawan bisa menyusuri kawasan-kawasan yang tidak terjangkau oleh jeep seperti bekas rumah Mbah Maridjan. Sebagai informasi tambahan, wisatawan bisa memulai tour ini dari Terminal Kaliurang Tlogo Putri atau dari Basecamp Kinahrejo.