Karst Tubing Surobayan, Serunya Menyusuri Sungai di Antara Tebing Karst

Karst Tubing Surobayan, Yogyakarta – Bagi orang yang lahir dan besar di desa, mandi dan berenang di sungai adalah hal yang biasa. Namun bagi mereka yang terlahir di kota besar, bisa jadi seumur hidupnya belum pernah merasakan nikmatnya mandi di sungai. Jika kalian ingin merasakan serunya ciblon di sungai, sesekali cobalah berkunjung ke destinasi wisata minat khusus Karst Tubing Surobayan.

Sesuai dengan namanya, karst tubing, wisata yang ditawarkan di tempat ini adalah menyusuri sungai yang diapit tebing-tebing karst di kanan kirinya menggunakan ban. Aktivitas menyusuri sungai ini sepintas memang mirip dengan Cavetubing Pindul, Cavetubing Kalisuci, maupun Geotubing Lava Bantal di Berbah. Meski begitu, masing-masing destinasi memiliki keistimewaannya sendiri. Untuk karst tubing ini wisatawan tidak perlu masuk ke dalam gua, melainkan menyusuri sungai terbuka sehingga cocok bagi kalian yang phobia dengan tempat gelap serta sempit.

Karst Tubing Surobayan aman dilakukan oleh siapapun, bahkan bisa untuk anak kecil. Jarak tempuh pengarungan terbagi menjadi 2, yakni jarak 900 meter dan jarak 1,2 km. Kedalaman sungainya bervariasi, mulai dari selutut hingga 2 meter. Meski begitu kamu tak perlu khawatir! Untuk melakukan karst tubing peserta akan dibekali dengan jaket pelampung dan ban sebagai pengganti boat. Jadi meski tidak bisa berenang tak usah takut tenggelam.

Selama mengarungi sungai yang berjeram, wisatawan akan dimanjakan dengan keelokan alam di sekitar sungai. Aneka rupa pemandangan akan menyambut di sepanjang pengarungan, mulai dari tebing-tebing karst, rimbun pepohonan, juga areal perkebunan warga. Nantinya di beberapa titik wisatawan akan diajak berhenti sejenak oleh pemandu guna melakukan aneka permainan di sungai. Dijamin seru!

Lokasi Karst Tubing Surobayan

Basecamp Karst Tubing Surobayan terletak di Dusun Surobayan RT 3, Kelurahan Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Dari Yogyakarta silakan ikuti jalan utama menuju Kota Wates. Saat memasuki Jalan Wates km 9,5 (dekat dengan kampus Universitas Mercu Buana) pelankan kendaraan kalian. Sekitar 300 meter dari Pertamina (kanan jalan) akan ada pertigaan sebelum jalan berkelok menurun. Silakan belok kiri di pertigaan tersebut dan ikuti petunjuk arahnya. Akses menuju basecamp terbilang mudah. Parkir kendaraan roda dua dan roda empat juga sudah tersedia.

Jam Operasional dan Harga Tiket Karst Tubing Surobayan

Wisata minat khusus Karst Tubing Surobayan buka setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Untuk menikmati wisata ini wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp 30.000/orang. Jika ingin menyewa jasa fotografer selama mengarungi sungai akan dikenai biaya tambahan Rp 50.000. Untuk informasi maupun reservasi di Karst Tubing Surobayang bisa menghubungi nomor 0274 2820522 atau 087839101488.