Hutan Pinus Pengger, Tangan Raksasa di Antara Pucuk Pinus

Hutan Pinus Pengger, Yogyakarta – Membincangkan tentang hutan pinus di Jogja pasti yang pertama terpikir adalah Hutan Pinus Mangunan yang sudah eksis sejak lama atau Puncak Becici yang sempat dikunjungi Obama saat melawat ke Yogyakarta. Ternyata, selain kedua hutan pinus tersebut, Jogja masih menyimpan banyak hutan pinus yang cantik. Salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger.

Seperti layaknya hutan pinus pada umumnya, Pengger menawarkan pesona hutan pinus yang alami dan asri, lengkap dengan aroma getah pinus yang sangat khas. Di Pengger, wisatawan bisa berjalan kaki masuk ke hutan yang dipenuhi pohon pinus berukuran tinggi. Karena kerapatan dan ketinggian pohonnya, suasana di sini terasa sangat teduh, bahkan di beberapa titik agak gelap karena cahaya matahari tidak bisa menembus masuk hingga ke bawah.

Topografi Hutan Pinus Pengger mirip dengan kontur tanah di Puncak Becici yang berbukit.  Untuk sampai ke tengah area hutan pinus, wisatawan harus berjalan kaki melewati anak tangga tanah. Jika musim penghujan tiba, tangga ini akan sangat licin. Karena itu sebaiknya saat berkunjung ke sini gunakanlah alas kaki yang nyaman.

Selain menikmati kesegaran dan keindahan hutan pinus, wisatawan yang berkunjung ke Pengger juga bisa berswafoto di beberapa lokasi menarik yang sudah dibangun oleh pengelola. Lokasi selfie tersebut antara lain berupa rumah pohon, jembatan kayu dari pohon ke pohon, instalasi seni berupa tangan raksasa dari jalinan kayu, serta lubang raksasa yang menghadap ke arah kota Jogja. Saat malam tiba, wisatawan bisa menyaksikan kerlip lampu kota dari tempat ini.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari kawasan Kota Yogyakarta, tempat ini berjarak sekitar 25 km dan bisa dijangkau sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Meski masuk dalam wilayah Kabupaten Bantul, Hutan Pinus Pengger lebih mudah diakses dari Jalan Wonosari yang menghubungkan Yogyakarta dengan Gunungkidul. Dari Jogja, kamu tinggal menyusuri Jalan Wonosari, Piyungan, Bukit Bintang kemudian akan tiba di Pathuk (GCD FM). Jika ke arah kiri menuju Gunung Api Purba Nglanggeran, maka kamu belok ke kanan menuju Jalan Raya Patuk – Dlingo. Silakan susuri jalan tersebut sekitar 4,5 km, nantinya kamu akan menemukan Hutan Pinus Pengger di kanan jalan.

Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Biaya untuk menikmati pesona Hutan Pinus Pengger cukup murah yakni hanya Rp2.500 per orang. Parkir motor Rp2.000, parkir mobil Rp5.000 dan parkir bis Rp20.000. Sedangkan jika ingin berfoto di spot-spot selfie, kamu cukup memasukkan uang seikhlasnya sebagai biaya pengembangan tempat wisata ini.