Bukit Pengilon, Menikmati Pesona Pantai Selatan Dari Padang Rumput

Bukit Pengilon, Yogyakarta – Pernah enggak sih kamu membayangkan berada di tempat eksotis semacam padang rumput luas yang langsung menghadap ke pantai lepas? Biasanya pemandangan itu kita saksikan di film-film dengan latar tempat luar negeri seperti New Zealand atau Wales. Eits tapi tunggu dulu, ternyata di Gunungkidul juga ada tempat indah semacam ini lho, tepatnya di Bukit Pengilon.

Bukit Pengilon terletak tepat di tepi pantai selatan. Berdasarkan catatan geologis, dulunya Bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Dari ketinggian bukit, wisatawan dapat menyaksikan gugusan pantai Gunungkidul, seperti Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung. Kamu pun dapat melayangkan pandang ke laut lepas hingga batas cakrawala.

Sedangkan pemandangan Bukit Pengilon sendiri didominasi oleh pada rumput hijau yang menyegarkan mata, sesekali diselingi areal perladangan warga. Beberapa tempat duduk sudah didirikan sebagai tempat beristirahat sejenak maupun lokasi foto-foto.

Camping di Bukit Pengilon merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona bukit ini. Namun kamu harus berhati-hati, sebab anginnya terasa cukup kencang. Camping di tempat ini akan memberikanmu sensasi berbeda, sebab kamu bisa menyaksikan sunrise di kala fajar dan sunset di kala senja.

Tak ingin menghabiskan malam di Bukit Pengilon? Tak apa-apa, kamu tetap bisa menikmati pesona tempat ini. Duduk-duduk di padang rumput luas sembari menikmati kemegahan ciptaan Tuhan akan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan tidak dapat tergantikan oleh apapun.

Lokasi Bukit Pengilon

Secara administratif, Bukit Pengilon termasuk dalam wilayah Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul.

Rute Menuju Bukit Pengilon

Terdapat dua rute yang bisa dipilih untuk mencapai lokasi Bukit Pengilon. Rute yang pertama adalah melalui Pantai Wediombo dan yang kedua melalui Pantai Siung. Baik dari Pantai Siung dan Pantai Wediombo, wisatawan harus mau berjalan kaki alias trekking menyusuri perbukitan di pinggir pantai dengan pemandangan yang aduhai.

Jika kamu memilih rute Pantai Siung, maka kamu harus naik ke atas bukit di sisi timur pantai, kemudian ikuti jalan setapak yang ada. Nantinya kamu akan melewati Pantai Banyu Nibo yang menyimpan air terjun kala musim penghujan sebelum tiba di Bukit Pengilon. Sedangkan jika kamu memilih lewat TPR Pantai Wediombo, kamu harus trekking melewati Pantai Watu Lumbung, berjalan terus ke barat, dan nantinya akan tiba di Bukit Pengilon.