Ayunan Langit Watu Jaran, Uji Nyali Berayun Tinggi di Gigir Tebing

Ayunan Langit Watu Jaran – Hampir sebagian besar dari kita pasti pernah bermain ayunan. Apalagi anak-anak, mereka biasanya snagat menyukai ayunan. Duduk di kursi sambil badan terayun-ayun rasanya memang menyenangkan ya? Namun apa jadinya jika ayunan yang kamu duduki ternyata berada di pinggir tebing yang berjarak cukup jauh dengan tanah? Wow pasti ngeri-ngeri sedap ya. Nah jika kamu ingin merasakan sensasi naik ayunan sambil uji adrenalin, kini kamu bisa datang ke Ayunan Langit Watu Jaran.

Tak beda jauh dengan sky wing Maribaya di Bandung yang sedang ngehits, Ayunan Langit Watu Jaran pun menawarkan sensasi bermain ayunan di awang-awang. Ayunan ini dibangun tepat di pinggir jurang. Nantinya, wisatawan akan duduk di kursi ayunan dan diayunkan di atas jurang tersebut. Kalau kamu phobia ketinggian atau punya riwayat jantung, sebaiknya tidak usah mencoba wahana ini.

Soal keamanan, kamu tak usah khawatir. Ayunan ini dibangun dari  baja sehingga tahan korosi. Bahkan ayunan ini mampu menanggung beban hingga 500 kg. Lagipula, siapapun yang akan naik ayunan ini wajib memakai seat harnest sebagai pengaman. Soal pengawasan pun cukup memadai, sebab pengelola tempat ini didampingi langsung oleh tim SAR Yogyakarta.

Andaikata kamu tidak memiliki nyali lebih untuk bermain ayunan, kamu tetap bisa menikmati keindahan alam di lokasi Ayunan Langit Watu Jaran. Di beberapa sudut tempat ini terdapat spot-spot foto yang menarik dengan latar Pegunungan Menoreh yang ijo royo-royo. Puas mengeksplorasi tempat ini, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke destinasi menarik lainnya seperti air terjun maupun Gua Kidang Kencono.

Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran terletak di Dusun Sabrangkidul Rt 10/Rw 5, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Tempat wisata ini tak jauh dari Gua Kidang Kencono. Dari Yogyakarta, Ayunan Langit Watu Jarang bisa ditempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka dan Tiket Masuk Ayunan Langit Watu Jaran

Tempat wisata yang menguji nyali ini buka setiap hari. Sebenarnya tidak ada jam buka resmi, namun untuk ayunannya sendiri beroperasi mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Tiket masuk ke lokasi Ayunan Langit Watu Jaran sebesar Rp 10.000, termasuk ojek gratis dari parkiran. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menguji adrenalin dengan naik ayunan akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 20.000 untuk 5-10 menit berayun di gigir tebing.