Wisata Kaliurang

Obyek wisata Kaliurang terletak di lereng Merapi yang berketinggian mencapai sekitar 878 m dpl sehingga iklim daerah ini sejuk menyegarkan dan cenderung dingin dengan suhu sekitar 20° – 25° C. Kawasan Kaliurang menurut cerita sekitar abad ke – 19, digunakan oleh orang – orang belanda untuk tempat peristirahatan karena tempat ini mempunyai pemandangan yang cukup bagus sehingga Belanda akhirnya membangun bungalow – bungalow di kawasan tersebut.

Setelah orang – orang Belanda meninggalkan Indonesia, kawasan ini digunakan oleh beberapa instansi dan perusahaan untuk tempat peristirahatan dengan menambah beberapa bangunan dan wisma ditempat ini. Seiring dengan waktu tempat ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan maka dibangunlah sarana dan prasarana untuk menunjang kepariwisataan di tempat in karena semakin berkembang.

Ada banyak aktivitas yang dapat anda lakukan saat berllibur di Kaliurang seperti berjalan kaki mengitari kaliurang dengan melewati gang-gang yang saling berhubungan, jadi anda tidak akan tersesat. Anda bisa mengunjungi gardu pandang dan pos pengamatan yang berada disisi timur yang terletak di tepi kali Boyong. Disana anda dapat melihat keindahan ouncak Merapi dan Kali Boyong yang pada tahun 1994 diterjang awan panas atau wedhus gembel.

Anda juga dapat memasuki wilayah hutan dengan berjalan ke arah barat tepatnya di Telogo Putri dan Bukit Plawangan Turgo. Dengan menyusuri jalan setapak melewati Watu Kemloso menuju ke Kalikuning dan Kaliadem. Bila beruntung, di hutan anda akan bertemu dengan sekelompok monyet dan elang jawa yang menghuni hutan tersebut.

Bagi wisatawan yang membawa anak –anak bisa bermain di taman bermain anak yang menyuguhkan berbagai permainan untuk menambah kegembiraan dalam berlibur.

Lokasi

Obyek wisata Kaliurang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Obyek wisata ini berjarak 28 km dari kota Yogyakarta. Dapat di capai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum selama sekitar 1 jam.

Harga Tiket

  • Harga tiket Dewasa Rp.2.000, –
  • Harag tiket untuk anak – anak sebesar Rp.1.000,-
  • Biaya masuk sepeda motor Rp.500,-
  • Biaya masuk mobil Rp.2.000,-
  • Biaya masuk bus – truk Rp.3.000,-
  • Tarif kereta kelinci Rp.3.000,- per putaran
  • Khusus hari libur : Tiket masuk untuk Dewasa Rp.3.000,- dan untuk anak-anak Rp.500,- ( agustus 2010 )

Fasilitas

Obyek wisata kaliurang sudah lama dikenal sejak dahulu yang digunakan oleh tempat plesir dan peristirahatan bagi nyonya dan meneer Belanda. Tak heran bila tempat ini sudah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap.

  1. Warung makan
  2. Penginapan Kaliurang Murah
  3. Kereta Kelinci
  4. Taman bermain anak
  5. Gardu Pandang dan Pos pengamatan Merapi
  6. Bumi Perkemahan
  7. Tempat Ibadah