Kali Kuning Yogyakarta Wisata Alam Sungai Di Lereng Merapi

Kali Kuning Yogyakarta  merupakan tempat menarik yang terdapat di sekitar lereng gunung Merapi yang mempunyai panorama yang sangat menarik. Lokasi ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan berkemah, camping ataupun outbond training. Wisatawan dapat melihat pemandangan di sekitar tempat ini dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang sangat menawan.

Untuk mencapai tebing andesit tersebut dapat dilakukan dengan menyusuri jalan setapak sejauh sekitar 1 km yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari rumput sebagai pakan ternak mereka.

Keindahan Alam  Kali Kuning Yogyakarta

Jika anda menyusuri Kali Kuning, anda akan sampai di tempat yang bernama Kali Adem. Dalam perjalanan tersebut anda akan banyak menjumpai dam merasakan pemandangan yang sangat menarik seperti : hutan pinus, rasamala, puspa, udara yang sejuk segar, suara gemercik air dan sesekali anda akan bertemu dan bertegur sapa dengan masyarakat setempat yang sedang mencari rumput untuk ternak mereka. DI tempat tersebut ,anda juga bisa menyaksikan Bunga Kantung Semar yang sedang mekar, pohon kina, ayam hutan, elang hitam dan elang Jawa yang sedang berakfivitas.

Sumber dari dari Kali Kuning ini teryata berasal dari mata air yang bernama Umbul Wadon. Mata air ini berketinggian sekitar 1.250 mpl. Mata air ini merupakan hulu dari aliran air sungai DAS Opak, Das Progo dan Das Oya.

Umbul wadon sendiri terjadi karena patahan dari lempeng bumi. Menurut cerita sesepuh

Lokasi munculnya Umbul Wadon merupakan tempat berhentinya lahar Merapi yang meluap karena letusan besar ratusan tahun yang lalu. Debit air di Kali Kuning ini sekitar 650 liter/detik saat musim penghujan dan 400 liter/detik saat musim kemarau.

 Lokasi Wisata Kali Kuning

campground-kalikuning

Kali Kuning terletak di lereng gunung Merapi bagian Selatan yang terletak di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

 Akses untuk menuju Kali Kuning

Obyek wisata ini dapat dkunjungi melalui dua jalur :

  • Dari Yogyakarta – Jl Kaliurang – Pasar Pakem – Belok Kanan ( Timur ) – menuju ke arah Kali Kuning. Setelah anda turun dari kendaraan di pinggir jalan aspal desa selanjutnya akan menuruni tangga bebatuan menuju Kali Kuning dengan jarak sekitar 1 km
  • Dari Terminal Prambanan – minibus jurusanKaliurang – turun di Desa Doyo – angkutan desa warna kuning – Kali Kuning – menurunitangga bebatuan sampai ke lokasi
Fasilitas yang tersedia di Kali Kuning
  • Pusat informasi yang akan melayani anda dengan baik.
  • Warung jajanan makanan dan minuman.
  • Penginapan dengan harga sewa yang terjangkau.
  • Toilet yang memadai
  • Parkir yang luas dan aman.

 Photo by Goris Kia