Candi Plaosan ” Candi Kembar” Perpaduan Hindu Budha

Candi Plaosan merupakan bangunan yang berupa dua candi kembar karena ukuran dan bentuk candi tersebut sama. Candi yang berdiri di sebelah selatan bernama Candi Plaosan Kidul, sedangan candi yang berdiri di sebelah utara bernama Candi Plaosan Lor. Candi kembar tersebut berukuran panjang 15 meter , lebar 10 meter dan tinggi 15 meter. Yang membedakan antara kedua candi tersebut adalah relief dan ornamen yang memiliki bentuk dan corak tersendiri.

Candi Plaosan Adalah Candi Kembar

Jarak antara Candi Plaosan Lor dengan Candi Plaosan Kidul sekitar 20 m dan dibatasi atau dipisahkan oleh tembok pembatas yang mengelilingi masing-masing candi tersebut. Terdapat pahatan gapura yang berfungsi sebagai jalan keluar masuk menuju halaman masing-masing candi tersebut. Candi Plaosan merupakan perpaduan antara kebudayaan Hindu dan Budha yang terlihat dari bentuk dan struktur bangunan candi, candi dengan bangunan yang menjulang tinggi merupakan ciri dari candi peninggalan Hindu, sedangkan dasar candi dengan struktur yang lebar menunjukkan bangunan candi tersebut bercirikan peninggalan kebudayaan Budha.

Candi Plaosan Yogyakarta

Candi Plaosan Yogyakarta

Candi Plaosan memiliki kekuatan cita pasangan dari Rakai Pikatan dengan Pramudya Wardani sehingga dapat mendatangkan berkah asmara bagi siapa saja yang mengunjungi candi ini. Konon candi Plaosan ini mampu mendatangkan berkah bagi pasangan yang belum mendapatlkan keturunan, dengan memohon di tempat ini maka harapan dari pasangan tersebut akhirnya berhasil mendapatkan keturunan seperti yang diharapkan. Waktu permohonan sebaiknya dilaksanakan pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon. Ritual harus dilakukan sebanyak tiga kali, baik itu tiga kali berturut-turut ataupun tiga kali dengan hari yang berlainan, yang penting ritualnya genap tiga kali.

Lokasi Candi Plaosan

Candi Plaosan berlokasi di Dusun Plaosan, Kecamatan Prambanan, Klaten Provinsi Jawa Tengah

Akses Ke Candi Plaosan

Agar mudah mencapai lokasi ini bila anda datang dari Yogyakarta sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Dengan mengikuti Jalan Solo sampai di Kecamatan Prambanan, anda akan menemukan lampu merah yang ketiga ( sebelah timur Kantor Pos /kalau ke selatan menuju stasiun Prambanan ) selanjutnya belok kekiri menuju Manisrenggo Klaten ). Selanjutnya ikuti jalan tersebut sampai perempatan (Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah ) berada disisi kiri /barat jalan. Selanjutnya arahkan pandangan ke arah Timur atau sebelah kanan dimana Candi Plaosan berdiri megah menanti kedatangan anda.

Harga Tiket Candi Plaosan

Untuk memasuki kawasan candi ini hanya dimintai biaya seikhlasnya dan mengisi buku tamu, biaya parkir roda dua Rp.1.000,- dan biaya parkir mobil Rp.2.000,- ( Juni 2014 )

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di seputaran Candi Plaosan meliputi penginapan dan taman bermain di kawasan candi, sementara itu di lokasi candi ini berdekatan dengan rumah sakit, kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah dan rumah ibadah.