5 Objek Wisata di Kawasan Kaliurang Yogyakarta

Yogyakarta atau biasa disingkat Jogja merupakan salah satu kawasan wisata yang populer saat ini. Sebagai tempat favorit bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri, kawasan ini memiliki banyak kawasan wisata yang tersebar di beberapa lokasi. Salah satu kawasan yang populer adalah kawasan Kaliurang yang kerap menjadi paket wisata Jogja. Terdapat beberapa pilihan objek wisata di kawasan ini mulai dari objek wisata alam, budaya dan lain sebagainya. Tempat wisata tersebut pun berhasil menarik perhatian banyak wisatawan sehingga menjadi pilihan yang berwisata di Kaliurang. Apa saja tempat-tempat wisata yang ada di kawasan Kaliurang? Berikut penjelasannya dari kami:

  1. Volcano Tour Merapi

Objek wisata paling populer dan menjadi favorit di kawasan Kaliurang adalah Volcano Tour Merapi yang berada di Cangkringan. Objek wisata ini sangat disukai oleh para wisatawan karena menawarkan nuansa petualang seru dan juga pemandangan alam yang indah dari Gunung Merapi. Di sini wisatawan akan diajak menikmati pemandangan kawasan sekitar dengan mengunakan kendaraan jeep. Kendaraan ini memang khusus digunakan untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit diakses oleh mobil biasa. Dengan memakai kendaraan ini wisatawan akan merasakan sensasi off-road menyusuri jalan-jalan yang dulunya merupakan perkampungan yang telah terkubur abu vulkanik Merapi. Terdapat beberapa titik pemberhentian di kawasan ini sesuai dengan paket wisata yang di pesan.

  1. Museum Ullen Sentalu

Objek wisata selanjutnya yang tidak kalah terkenal di kawasan Kaliurang adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini adalah salah satu museum budaya Jawa yang populer di Jogja. Ullen Sentalu menyimpan berbagai macam artefak peninggalan mulai dari Kerajaan Mataram Kuno hingga Mataram Islam dan kerajaan pecahannya. Museum ini berlokasi di Jalan Boyong KM 25 memiliki benda yang bernilai seni tinggi yang usianya puluhan hingga ratusan tahun. Benda-benda yang ada di museum ini adalah milik dan sumbangan 3 kerajaan yaitu Kesultanan Yogyakarta, Kesultanan Surakarta dan juga Pura Mangkunegaran. Benda-benda yang dipamerkan antara lain gamelan, lukisan keluarga raja, foto pribadi, batik Jogja dan Solo dan masih banyak lagi. Banyak wisatawan yang datang ke museum menikmati koleksi dari museum ini.

  1. Telaga Putri

Salah satu objek wisata yang disukai keluarga saat liburan di Kaliurang adalah Telaga Putri. Tempat ini dahulunya merupakan tempat favorit keluarga raja Kraton Yogyakarta untuk berlibur. Udaranya yang dingin dan segar membuat wisatawan menyukai tempat ini. Suasananya yang tenang juga membuat mereka ingin berlama-lama berada di tempat ini dan menikmati suasana yang ada. Dengan rindangnya pepohonan dan serta dinginnya udara di tempat ini menjadikannya tempat yang pas untuk berlibur besama keluarga.

  1. Museum Gunung Merapi

Bagi yang ingin berlibur sekaligus belajar bisa mmendatangi Museum Gunung Merapi. Museum ini didirikan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat umum mengenai kegunungapian khususnya Gunung Merapi. Di museum ini pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam alat peraga erupsi Merapi dan informasi mengenai gunung paling aktif di Indonesia ini.

  1. The World Landmark Merapi Park

Dekat dengan Museum Gunung Merapi Terdapat juga sebuah objek wisata yang juga sangat populer yaitu The World Landmark Merapi Park. Di objek wisata ini wisatawan dapat menyaksikan berbagai macam miniatur landscape dari seluruh dunia seperti Menara London, Menara Eifel, Patung Liberty, dan lainnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai objek-objek wisata yang ada kawasan Kaliurang. Jika berminat untuk berwisata di tempat tersebut bersama-sama rombongan besar, Anda bisa rental menjadikannya paket wisata Jogja murah.