Museum Affandi merupakan tempat tinggal, studio lukis, sekaligus galeri milik sang maestro, Affandi. Selain bisa menyaksikan beragam koleksi karya seni, di museum ini tersedia kelas belajar melukis bagi anak-anak.

Jangan lewatkan kunjungan ke Museum Affandi jika Anda adalah pecinta lukisan dan karya seni. Terletak tepat di tepi Kali Gajah Wong, bangunan nan sejuk dan asri ini dulunya merupakan tempat tinggal Affandi sekaligus studio tempatnya berkarya. Kini selepas kepergiannya, bangunan tersebut dijadikan sebagai museum dan dibuka untuk wisatawan.

Mengunjungi Museum Affandi akan memberikan pengalaman estetik yang menarik. Di museum ini pengunjung bisa melihat lukisan karya sang maestro dan juga karya-karya pelukis lain yang tersebar di 3 galeri. Tak hanya itu, pengunjung pun bisa menyaksikan sejumlah barang berharga milik Affandi seperti mobil Colt Gallan tahun 1976 yang sudah dimodifikasi sehingga menyeryapi bentuk ikan, sepeda onthel kuno, dan barang-barang lain.

Puas menikmati koleksi lukisan di dalam galeri, pengunjung bisa naik ke sebuah menara guna menyaksikan seluruh kompleks bangunan, aliran Sungai Gajah Wong, hingga hiruk pikuk kendaraan di Jalan Laksda Adisucipto. Jika ingin beristirahat dan menikmati minuman segar maupun kudapan, silahkan mampir ke Café Loteng. Pengunjung yang ingin beribadah pun bisa sholat di sebuah gerobak yang disulap menjadi mushola. Bagi anak-anak yang gemar melukis, di Museum Affandi terdapat Studio Gajah Wong. Di sini anak-anak bisa belajar melukis dengan dipandu mentor.

Jam Buka dan Harga Tiket Museum Affandi

Museum Affandi buka setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Pada hari libur nasional museum ini akan tutup kecuali sudah ada perjanjian sebelumnya. Untuk menikmati koleksi karya seni yang ada di Museum Affandi wisatawan wajib membayar tiket sebesar Rp 20.000 (WNI) dan Rp 50.000 (WNA). Bagi wisatawan yang membawa kamera wajib membayar biaya tambahan sebesar Rp 20.000, sedangkan untuk kamera ponsel dikenai biaya Rp 10.000. Khusus untuk anak dengan usai 0 – 6 tahun tidak dikenai biaya masuk. Harga khusus akan diberikan kepada rombongan atau siswa yang menunjukkan kartu pelajar.

Lokasi dan Akses

Museum Affandi terletak di ruas jalan utama yang menghubungkan Yogyakarta dan Solo, tepatnya di Jl. Laksda Adisucipto 167. Lokasinya yang strategis menjadikan Museum Affandi mudah dijangkau baik menggunakan andong, becak, taksi, bus kota, bus transjogja, dan kendaraan pribadi.