Benteng Vredeburg, Menikmati Jantung Jogja dari Sudut Berbeda

Terletak tepat di jantung kota, Benteng Vredeburg menjadi salah satu tempat  wisata di Yogyakarta yang layak Anda kunjungi. Di tempat ini Anda bisa mengunjungi museum, menaiki jeep bersejarah, hingga bermain di playground.

Pendudukan Belanda di masa lampau meninggalkan begitu banyak jejak di Indonesia. Salah satunya adalah keberadaan bangunan-bangunan kuno dengan arsitektur yang menawan serta benteng-benteng pertahanan. Di Yogyakarta, sisa peninggalan Belanda ini tersebar di berbagai tempat. Salah satu bangunan yang masih berdiri anggun adalah Benteng Vredeburg.

Dahulu benteng yang memiliki 4 bastion di setiap sudutnya ini menjadi benteng perlindungan dan markas tentara Belanda. Di sekeliling benteng terdapat parit cukup lebar. Kini parit tersebut dialiri air dan ditumbuhi pohon kamboja warna-warni di sekitarnya sehingga menjadikan suasana semakin semarak dan asri. Pohon-pohon rimbun yang tumbuh di halaman dan di dalam benteng menjadikan tempat ini asyik untuk nongkrong menikmati denyut nadi kota Jogja atau sekadar menyaksikan senja.

Saat ini Benteng Vredeburg telah dijadikan sebagai museum dengan nama Museum Benteng Vredeburg. Di dalam museum tersebut ditampilkan aneka diorama sejak Perang Diponegoro hingga peristiwa terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diorama-diorama tersebut terbagi menjadi 4 bagian yang tertata apik dan bersih. Selain diorama, di tiap-tiap ruangan juga terdapat benda-benda bersejarah.

Selain gedung-gedung bergaya tempo dulu nan megah dan indah, di dalam kompleks Museum benteng Vredeburg juga terdapat playground yang luas, tak heran jika anak-anak senang bermain dan berlarian di kompleks benteng. Suasananya yang indah menjadi tempat ini sering dijadikan lokasi foto prewedding bagi pasangan yang hendak menikah.

Area free hotspot/wifi di dalam benteng juga menjadikan tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Jika lapar mendera wisatawan tinggal mampir ke Indische Koffie, sebuah kafe dan restoran di dalam benteng dengan konsep fine dining. Menarik bukan?

Jam Buka dan Harga Tiket Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg buka pada pukul 08.00 – 16.00 WIB (Selasa – Jumat) dan pukul 08.00 – 17.00 WIB (Sabtu – Minggu). Jika sedang ada acara di kompleks benteng, maka tempat ini kadang buka hingga malam hari. Tiket masuk Benteng Vredeburg sebesar Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.