Wisata Museum Jogja – Yogyakarta pernah menjadi salah satu pusat budaya Jawa dan juga ibu kota negara Republik Indonesia tentu saja memiliki berbagai macam peninggalan-peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya. Benda-benda sejarah tersebut di simpan di museum-museum yang tersebar di penjuru Yogyakarta. Museum saat ini menjadi populer dan banyak dikunjungi banyak orang antara lain: Museum Ullen Sentalu, Museum Affandi, Museum Benteng Vredeberg, Museum Sono Budoyo, dan lain-lain. Dalam artikel ini kami akan merangkumnya sebagai tambahai informasi dan juga sebagai paket wisata Jogja bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan menyukai wisata sejarah.

  1. Museum Ullen Sentalu

Musem Ullen Sentalu merupakan museum peninggalan budaya Jawa. Museum ini sangat populer khususnya bagi wisatawan asing yang menyukai budaya lokal. Banyak sekali benda-benda peninggalan nenek moyang yang disimpan dan dipamerkan di museum ini khususnya yang berhubungan dengan budaya Jawa. Benda-benda tersebut antara lain: keris, arca, lukisan, batik, senjata tradisonal, lukisan, dan masih banyak lainnya.

Museum ini terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman sekitar 25 kilometer utara Kota Yogyakarta. Setiap penggunjung yang datang akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan menjelaskan mengenai koleksi-koleksi yang ada di dalam museum. Koleksi museum sendiri dibagi menjadi beberapa ruangan, antara lain: Ruang seni dan gamelan yang menyimpan seperangkat gamelan, selanjutnya Guwo seto Giri yang beri lukisan tokoh-tokoh dinasti Mataram, selanjutnya Kampung Kambang yang berisi batik, syair dan benda lainnya, dan yang terakhir adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor.

  1. Museum Affandi

Museum Affandi merupakan museum yang berisikan oeninggalan lukisan, sketsa dan benda-benda lainnya dari salah satu maestro lukis Indonesia, Affandi. Tempat ini memiliki arsitektur yang cukup unik, atapnya berbentuk menyerupai daun pisang terletak membujur disisi sungai Gajah Wong dan lokasinya berhadapan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga tepatnya di Jl Laksda Adisucipto No.167, Depok Sleman.

Di museum ini terdapat sekitar 1.000 –an karya lukis dan 300-an merupakan karya Affandi sendiri. Terdapat 4 buah galeri di museum ini yaitu Galeri I, II, III dan IV yang arsitekturnya mirip namun dari penataan dan isinya mempunyai karakteristik yang berbeda. Galeri I berisikan lukisan Affandi yang berupa sketsa, pastel, lukisan cat air dan cat minyak yang ditorehkan dalam kanvas yang menjadi karakteristiknya. Lukisan yang ada merupakan karya Affandi mulai dari awal beliau melukis sampai dengan akhir hayatnya selesai. Galeri II digunakan sebagai ruang pamer karya lukisan dari beberapa pelukis kondang seperti : Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Rusli, Hendra, Fajar Sidik S, Barli, Sujoyono, Bagong Kusudiarjo, Mochtar Apin dan lain-lain. Galeri III dipakai untuk ruang pamer lukisan dari karya keluarganya sendiri seperti dari Kartika Affandi, Putri Affandi. Sedangkan galaeri IV merupakan ruang pamer dari lukisan karya cucu Affandi yang bernama Didit.

  1. Museum Benteng Vredenberg

Museum ini berupa benteng peninggalan Belanda yang terletak di Jalan Maliobro, depan Gedung Agung Yogyakarta. Saat ini benteng ini difungsikan sebagai museum dan menjadi objek wisata edukasi. Umumnya para penggunjung yang datang adalah mereka yang menyukai arsitektur Eropa dan penyuka sejarah.  Di dalam benteng masih terdapat bangunan-bangunan yang dulunya merupakan kantor dan tempat tinggal prajurit. Sekarang bangunan-bangunan tersebut sudah di renovasi dan di isi oleh diorama-diorama yang berisikan perjuangan para pahlawan.

Demikianlah sebagian kecil museum yang ada di Jogja yang biasa dikunjungi para wisatawan. Masih banyak lagi museum yang terdapat di Jogja namun akan kami bahas dilain waktu. Semoga artikel diatas bisa menjadi referensi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung di tempat-tempat bersjarah di Jogja.