Museum Angkut Batu, Museum dengan Sejuta Sejarah Kendaraan Angkut

Jatim Park Grup memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Batu Night Spectacular, dan yang terbaru adalah Museum Angkut. Tempat-tempat tersebut menawarkan berbagai macam keseruan yang beraneka ragam sehingga wisatawan bisa menikmati wisata di Malang dengan hal-hal yang berbeda. Saat ini yang sedang naik daun adalah Museum Angkut yang dibuka pada 9 Maret 2014.

Museum Angkut menarik karena wisatawan bisa melihat koleksi-koleksi kendaraan yang keren dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kawasan ini menyimpan berbagai macam koleksi kendaraan yang digunakan oleh manusia dari masa ke masa. Museum ini memiliki luas sekitar 3 hektar yang dibagi menjadi beberapa zona. Setiap zona menampilkan koleksi kendaraan yang berbeda-beda. Zona-zona yang ada di museum ini antara lain:

  1. Zona Hall Utama yang berisikan kendaraan yang populer dari waktu ke waktu.
  2. Zona Edukasi yang berisikan informasi mengenai sejarah kendaraan angkut. Terdapat pula beberapa kendaraan yang ada di zona ini.
  3. Bagian Sunda Kelapa dan Batavia yang suasananya mirip dengan keadaan Sunda Kelapa dan Batavia pada zaman Belanda dan lengkap dengan kendaraannya.
  4. Zona Broadway dan Gangster yang suasananya mirip dengan film-film gangster Holywood. Kawasan ini merupakan zona favorit banyak wisatawan.
  5. Zona Japang yang menampilkan kendaraan buatan produsen Jepang.
  6. Bagian Eropa yang menampilkan kendaraan buatan produsen Eropa.
  7. Zona Apung yang mana menampilkan berbagai macam kendaraan air serta terdapat pasar apung di zona ini.

Masih banyak lagi zona-zona lainnya yang ditampilkan di museum ini dan sangat menarik. Jika wisatawan ingin melihat berbagai macam koleksi kendaraan seperti mobil, helicopter, kapal, dan sebagainya bisa mengunjungi museum ini.

Lokasi Batu Museum Angkut:

Museum Angkut berlokasi di Jl. Hayam Wuruk No. 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk sampai di objek wisata ini diperlukan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dari pusat Kota Malang mengunakan kendaran pribadi.

Tiket dan Jam Buka Museum Angkut:

Museum Angkut ini buka setiap hari mulai pukul 12:00 WIB sampai 20:00 WIB. Tiket masuk wahana ini adalah sebesar Rp. 60.000 perorang saat hari Senin hingga Kamis dan Rp. 80.000 perorang buat hari Jumat hingga Minggu (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Jika membawa kamera akan dikena biaya tambahan sebesar Rp. 30.000,-

Tips wisata di Museum Angkut:

  1. Gunakan baju yang nyaman untuk berwisata di kawasan yang luas.
  2. Pakailah alas kaki yang enak dipakai untuk berjalan kaki berkeliling tempat wisata.
  3. Bawa air mineral.
  4. Jangan lupa mengabadikan setiap momen spesial.
  5. Jagalah kebersihan di objek wisata.