Tempat Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta ada di Punthuk Setumbu

Wisata menyaksikan keindahan alam seperti sunrise dan sunset sangat populer saat ini karena kedua momen tersebut begitu indah dan mempesona. Matahari yang berlahan terbit atau terbenam menciptakan pemandangan yang spektakuler dengan warna-warnanya yang membuat mata seakan termanjakan oleh cahaya-cahaya tersebut. Untuk sunrise, Cahaya merah keemasan yang merekah di cakrawala membuat banya orang yang rela bangun di pagi buta untuk menyaksikannya. Tidak terkecuali bagi para wisatawan yang sedang berwisata di Yogyakarta. Sebagian dari mereka rela untuk bangun di pagi buta dan kemudian melakukan perjalanan selama kurang lebih satu jam untuk menyaksikan keindahan sunrise matahari di Bukit Punthuk Setumbu.

Salah satu tempat terbaik di untuk menyaksikan matahari terbit di Jogja adalah di Bukit Punthuk Setumbu. Puntuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang lokasinya dekat dengan Candi Borobudur atau di sisi barat candi ini tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 400 meter dpl yang merupakan bagian dari gugusan Pegunungan Menoreh. DI tempat ini pemandangan matahari terbit akan terlihat sangat jelas karena tidak terhalang oleh pepohonan atau bangunan lainnya. Bukit ini dikenal wisatawan sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi dan Merbabu. Wisatawan dapat melihat keindahan kedua gunung tersebut saat matahari mulai berlahan muncul dari balik gunung.

Selain itu, ini wisatawan juga dapat menyaksikan megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung oleh kabut di pagi hari. Lokasinya yang berdekatan dengan candi ini membuat wisatawan dapat melihat Candi Borobudur dari atas ketinggian. Borobudur yang diselimuti oleh kabut membuat pemandangan menjadi indah ditambah lagi efek dari sinar matahari yang menyinarinya membuat kabut memiliki warna yang sangat indah. Walau tertutupi kabut tipis, bentuk Borobudur masih dapat terlihat jelas dan semakin jelas disaat matahari tambah meninggi dan kabut mulai hilang dari sekitarnya.

Setiap menjelang pagi dikala hari masih gelap, tempat ini akan dipadati oleh para wisatawan yang umumnya baik wisatawan domestik maupun dari luar negeri. Mereka berbondong-bondong datang ke tempat ini agar dapat menyaksikan pemandangan yang spektakuler ini. Selepas menyaksikan pemandangan matahari terbit, wisatawan dapat meneruskan perjalanan menuju Gereja Ayam yang lokasinya berdekatan dengan bukit ini atau menuju ke Candi Borobudur dan bisa menjadi pilihan paket wisata di Jogja.

Lokasi:

Punthuk Setumbu berada di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM 3, Dukuh Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur,  Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Perlu waktu satu hingga satu setengah jam untuk tiba ke lokasi ini mengunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja.

Tip Wisata:

  1. Pakailah baju yang nyaman dan hangat.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman.
  3. Bawa air mineral untuk berjaga-jaga saat haus.
  4. Terdapat beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi seperti Candi Borobudur dan Gereja Ayam.
  5. Jaga kebersihan.