3 Objek Wisata Populer di Kawasan Nol Km Yogyakarta

Objek Wisata Populer di Kawasan Nol Km Yogyakarta – Kota Yogyakarta memiliki berbagai macam objek wisata yang menarik perhatian para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Wisatawan bisa memilih objek wisata yang mereka sukai saat berwisata di kawasan ini. Terdapat berbagai macam pilihan wisata dari wisata budaya, sejarah hingga wisata belanja.

Di pusat Kota Yogyakarta terdapat sebuah titik yang dijadikan titik awal penghitungan jarak ke tempat lain yaitu Titik Nol Km Yogyakarta. Titik ini terdapat di ujung selatan Jl. Malioboro atau tepatnya di Perempatan Kantor Pos Besar. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik di Jogja untuk menikmati suasana Kota Yogyakarta yang berbeda. Di sini wisatawan bisa menikmati gedung-gedung peninggalan Belanda dengan arsitektur khas Eropa yang indah. Kawasan Titik Nol Km selalu ramai dikunjungi wisatawan dari pagi hingga puncaknya malam hari.  Dari kawasan ini terdapat beberapa objek wisata yang bisa menjadi pilihan berwisata bagi para pengunjung yang datang ke Jogja. Berikut penjelasan singkat dari kami tentang objek-objek wisata yang ada di sekitar kawasan Titik Nol Km Yogyakarta:

  1. Benteng Vredenburg

Objek wisata pertama adalah Benteng Vredeburg. Benteng ini berada di utara Kawasan Titik Nol Km Yogyakarta atau seberang Gedung Agung atau Istana Negara Yogyakarta. Dibangun oleh Belanda pada abad ke 18 benteng ini masih bisa disaksikan hingga sekarang. Wisatawan bisa mampir mengunjungi benteng ini hanya dengan tiket hanya Rp. 3.000,- Di dalam benteng, pengunjung bisa menikmati suasana yang berbeda karena dapat melihat dinding-dinding tinggi yang tebal mengitari kawasan tersebut. Selain itu wisatawan juga bisa bersantai di dalam benteng sembari menikmati suasana yang ada. Terdapat kursi dan juga tanaman hias yang menambah kenyamanan kawasan ini. Pengunjung juga bisa masuk ke bangunan-bangunan yang berisikan diorama perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari penjajah.

  1. Taman Pintar

Tempat wisata selanjutnya yang berada di dekat Titik Nol Km Jogja adalah Taman Pintar. Objek wisata ini terdapat di sisi timur Kawasan Titik Nol Km atau seberang Gedung Bank Indonesia Yogyakarta. Taman Pintar merupakan tempat bermain sekaligus belajar bagi anak-anak. Objek wisata ini merupakan tempat favorit warga Jogja untuk mengajak putra-putri mereka bermain sembari belajar mengenai banyak hal. Taman Pintar yang diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono X ini selalu ramai dikunjungi wisatawan khususnya di hari libur. Terdapat berbagai macam wahana yang bisa dicoba oleh para pengunjung.

  1. Pasar Beringharjo

Objek wisata yang terakhir adalah Pasar Beringharjo. Pasar tertua di Jogja ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Jogja. Para wisatawan selalu menyerbu pasar ini untuk membeli berbagai macam barang yang digunakan untuk diri sendiri atau sebagai oleh-oleh. Di pasar ini wisatawan bisa belanja berbagai macam batik, kaos, aksesoris, dan barang-barang lainnya. Bisa juga menikmati makanan khas Jogja di depan pasar ini.

Demikian tempat-tempat wisata yang lokasinya berada di dekat Titik Nol Km Yogyakarta. Masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut Anda menuju ke pusat Kota Jogja dan berkeliling kawasan tersebut untuk menikmati suasana yang ada.