Wisata Goa Pindul Gunung Kidul

Wilayah perbukitan kars seakan menjadi ciri daerah Gunungkidul yang banyak menyimpan sejuta pesona keindahan alam untuk wisata minat khusus. Sebut saja Cavetubing yang merupakan olah raga menyusuri gua dengan menggunakan peralatan seperti perahu, karet atau band dalam. Goa Pindul sendiri merupakan salah satu dari rangkaian tujuh goa dialiri oleh air dari sungai bawah tanah di daerah Bejiharjo. Lorong goa ini mempunyai panjang sekitar 300 m dan lebar 5 m. Jarak permukaan dengan atap gua 4 m, kedalaman air 5 m. Sungai bawah tanahh di Gua Pindul in sangat cocok untuk tempat cavetubing bagi segala usia karena aliran air yang sangat tenang.

Penamaan gua tersebut dengan sebutan Pindul ternyata memiliki cerita sejarah. Berawal dari kisah Joko Singlulung yang sedang mengembara merambah hutan lebat , menyusuri sungai hingga keluar masuk gua untuk mencari bapaknya. Sewaktu menyusuri gua yang memiliki aliran air di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu besar yang berada dalam gua. Sejak kejadian itu, goa tersebut dikenal menjadi Gua Pindul

Saat wisatawan memasuki Desa Bejiharjo, anda dapat melihat bahwa air ditempat ini sangat melimpah. Parit yang mengelilingi areal persawahan nampak penuh mengalir yang selanjutnya masuk ke dalam sawah-sawah penduduk yang menandakan daerah ini tidak pernah mengalami kekeringan. Setelah anda menyusuri jalan desa tak lama kemudian akan menemukan sampai di Goa Pindul.

Air jernih keluar dari mulut goa yang terletak di kaki bukit mengalir berwarna biru kehijauan kemudian mengalir masuk ke mulut goa yang cukup lebar.. Goa tempat air masuk tersebut yang disebut Goa Pindul. Sebelum memasuki goa, anda akan mendapat penjelasan tentang hal boleh ataupun yang tidak boleh dilakukan saat memasuki goa tersebut.

Wisata Goa Pindul Gunung Kidul menawarkan wisata cave tubing goa pindul yang terkenal dengan tarif yang murah untuk menikmati sensasi berenang di lorong goa yang panjang.  Rafting cave tubing sangat mudah dilakukan karena aliran sungai bawah tanah tersebut sangat tenang sehingga sangat nyaman berlama-lama. Saat mulai memasuki mulut goa pindul sesekali mendengar kepakan sayap kelelawar yang memang menempati tempat tesebut. Berbagai ukuran stalagmit dan stalagmit ikut menghiasi dalam goa. Terdapat sebuah stalagmit dan stalagtit yang sudah menyatu yang berukuran cukup besar yang menghalangi aliran air. Ukuran pilar tersebut sampai 5 orang rentangan orang dewasa.

Menyusuri lorong yang terdapat dalam gua anda akan menemukan sebuah ruangan yang cukup lebar yang terlihat seperti genangan kolam yang luas. Pada tempat tesebut terdapat lubang yang cukup lebar sehingga sinar matahari dapat mesuk kedalam goa. Seringkali lubang ini dipakai untuk pintu masuk goa secara vertikal oleh Komunitas Pecinta Alam, tim SAR dan sebagainya. Begitu anda keluar melewati mulut goa, anda akan menyaksiakan pemandangan dan panorama Bendungan Banyumodo yang teryata sudah dibangun sejak zaman belanda

Lokasi

Wisata goa  Pindul Gunung Kidul ini terletak di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo. Karangmojo, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Wisatawan yang mengunakan kendaraan pribadi dari Yogyakarta dapat menuju Wonosari yang merupakan Ibukota Gunungkidul. Selanjutnya sesampainya di jalur lingkar berbelok kekiri dan mengikuti jalan raya menuju Karangmojo. Selanjutya anda sampai di perempatan Argopolitan, sekali lagi berbelok kekiri mengikuti jalan desa dan sampailah anda ke Desa Bejiharjo dan Dusun Gelaran yang tak jauh dari tempat tersebut.

Bagi anda yang mnggunakan jalur angkutan kendaraan umum dapat menaiki bus jurusan Jogja-Wonosari. Setelah sampai anda mencari jasa ojek yang akan mengatar anda ke Dusun Gelaran I

Harga Tiket

Untuk memasuki obyek wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya. Wisatawan yang sudah membawa sendiri perlengkapan cavetubing tidak perlu membayar apa-apa. Namun bagi wisatawan yang baru pertama kalinya maka untuk melakukan cavetubing harus menyewa peralatan yang disediakan oleh pengelola. Selain itu disediakan juga pemadu yang akan mengiringi perjalanan anda ke dalam gua.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat pada tempat ini yang sudah merupakan daerahh tujuan wisata antara lain : penyewaan peralatan cave tubing ( ban dalam, jaket pelampung, senter penerang ), pemandu, homestay berupa rumah khas penduduk yang dindingnya terbuat dari bambu. Selanjutnya fasilitas lain yang menunjang kenyamanan wisatawan seperti tempat parkir, toilet, rumah makan, pemancingan dan lain-lain.

Wisata Goa Pindul Gunung Kidul ini adalah wisata paling populer di Gunungkidul. Bagi anda yang berminat untuk olahraga petualangan ini .Bisa dijadikan tour wisata jogja anda . Silahkan pilih paket wisata yang anda inginkan.Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Peta Lokasi Wisata Goa Pindul Gunung Kidul

Penawaran Paket Wisata Jogja

Beberapa paket wisata bisa anda pilih dibawah ini
  • Paket Wisata Adventure Jogja 1 Hari (A)

    Anda menyukai kegiatan petualangan? Kami menawarkan paket wisata adventure jogja ( A ) harga realtif murah . Perjalanan dimulai dari mengunjungi wisata kalisuci dan terakhir ke pantai Pulang Syawal atau pantai Indrayanti. Minat?

     
    Baca Selengkapnya
  • Paket Wisata Adventure Jogja ( B) 1 Hari

    Wisata petualangan di Paket wisata adventure jogja ( B) kami ajak anda untuk menelusuri Gunung Api Purba Nglanggeran Kemudian akan Kami ajak Arung Jeram di Wisata kalisuci Gunungkidul hanya 1 hari.
    Baca Selengkapnya
  • Paket Wisata Air Terjun Dan Pantai 1 Hari

    Ingin Bermain Air ? Kami sediakan paket wisata Air terjun dan pantai . Perjalanan dimulai dari Air Terjun Sri Gethuk " Green Canyon Jogja" dan Wisata Kuliner ikan Laut di Pantai Baron Dan terakhir di Pantai Pulang Syawal Indrayanti.
    Selengkapnya
  • Paket Wisata Candi Dan Keraton 1 Hari

    Ingin wisata bernuansa sejarah? Kami ajak anda untuk menikmati keindahan Candi Prambanan kemudian Keraton Yogyakarta Serta Istana Taman sari dan terakhir  Benteng Vredeburg Yogyakarta 1 Hari
    Baca Selengkapnya