Pantai Wediombo Gunung Kidul

Pantai Wediombo Gunung Kidul

Pantai merupakan pantai tujuan wisata yang kondisinya masih perawan karena belum banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini sehingga lingkungan pantai ini masih sangat bersih. Pantai ini termasuk dalam gugusan pantai yang terletak di ujung timur dan hampir berbatasan dengan pantai yang terletak di Kabupaten Wonogiri. Pantai Wediombo berasal dari bahasa Jawa yang berarti pasir yang luas. Hal ini sesuai dengan keadaan pantai ini yang mempunyai pasir pantai yang putih dan sangat luas terhampar mengikuti panjang pesisir. Hal ini dikarenakan dari gempuran ombak yang menghantam perbukitan karst sehingga butiran pasir yang dihasilkan berwarna putih.

Pantai ini merupakan teluk yang menghadap ke barat sehingga bisa menyaksikan keindahan sunset dari matahari tenggelam. Keindahan yang dapat dinikmati wisatawan selanjutnya adalah berselancar atau surfing , karena pantai Wediombo ini mempunyai ombak yang besar dan cocok untuk olah raga selancar.

Pantai Wediombo ini juga memiliki gugusan karang dengan bentuk yang unuk dan menawan. Karang yang menjorok ke laut tersebut dapat digunakan untuk tempat memancing. Dikawasan ini banyak terdapat ikan laut seperti kerapu, tenggiri, ikan cucut dan kalau beruntung, anda akan mendapatkan ikan kakap batu yang beratnya bisa belasan kilogram.

Selanjutnya kalau kita arahkan pandangan ke sisi kanan dan kiri pantai ini akan kita dapati perbukitan yang hijau dan banyak tanaman yang tumbuh subur di tempat tersebut . Bagi anda yang suka berpetualang seperti hiking, pantai Wediombo sangat tepat untuk dijadikan tempat kegiatan tersebut.

Lokasi

Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 40 km arah tenggara kota Wonosari.

Akses

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan 2 jalur :

  • Menyusuri pantai-pantai di Gunungkidul, Tepus, Girisubo hingga sampai di Wediombo.
  • Wonosari – Semanu – Jepitu – Wediombo.

Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan kendaraan umum :

Dari terminal Giwangan naik bus jurusan jogja-wonosari, setelah sampai di Wonosari naikk bus kecil jurusan Wonosari-Jepitu. Bus ini akan berangkat setiap 20 menit sekali. Kemudian anda turun di per3an Jepitu, satu-satunya cara untuk sampai ke pantai Wediombo dari pertigaan tersebut dengan menggunakan jasa ojek dn akan diantarkan hingga ke pantai Wediombo.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Pantai Wediombo ini sebesar Rp.5.000,- per orang ( Januari 2014 )

Fasilitas

Kendati pantai Wediombo ini lokasinya cukup terpencil tetapi fasilitas yang dimilikinya lumayan lengkap. Di tempat ini sudah terdapat banyak kios-kios yang menyediakan makanan, minuman dan olahan hasil tangkapan laut. Musholla dan kamar mandi juga bisa anda dapatkan di pantai ini. Bagi para wisatawan yang memutuskan untuk bemalam disediakan tenda untuk berkemah disekitar perumahan nelayan.