Pantai Drini merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Keunikan dari pantai Drini ini adalah terdapatnya pulau karang yang ditumbuhi oleh pohon Drini dan konon kayu dari pohon Drini tersebut berkhasiat untuk menangkal ular berbisa.

Pantai Drini ini tidak banyak berbeda dengan pantai- pantai disebelahnya dimana pantai ini masih memiliki pasir yang putih bersih dengan dibatasi oleh bukit-bukit kapur dan karang-karang yang kecil yang terletak menjorok dari bibir pantai.

Diatas karang tersebut dibangun mercusuar dan bila anda bisa sampai kesana dan naik keatas maka anda kan melihat pemandangan laut dari atas.

Ada sebuah cerita yang diyakini masyarakat setempat bahwa Bengawan Solo dulunya bermuara di laut selatan, tepatnya di pantai Sadeng dan pantai Drini. Karena terjadi peristiwa alam dan geologi dengan terdesaknya lempeng Australia mengakibatkan aliran sungai dari Bengawan Solo beralih ke arah utara menuju Gresik. Situs atau jejak aliran purba Bengawan Solo ini masih bis dilihat di kawasan Pantai Drini

Lokasi

Pantai Drini ini terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Pantai ini sebenarnya terletak diantara Pantai Kukup dan Krakal, karena tempatnya tidak berada disisi jalan maka tidak banyak para wisatawan yang berkunjung di pantai ini. Dari Jalan raya, anda harus masuk sekitar 400 meter dan sampailah di Pantai Drini

Pantai Drini dapat dicapai berjarak 3 km dari pantai Kukup. Dari Yogyakarta berjarak sekitar 65 km dapat ditempuh dengan waktu 3 jam. Sedangkan bila dari Wonosari hanya berjarak 21 km.

Harga Tiket

Tiket paket wisata 8 pantai : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Pktunggal sebesar Rp. 4.000,-. ( Januari 2014 )

Fasilitas

fasilitas umum ditempat ini sudah cukup memadai, mulai dari tempat parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, rumah makan serta penjual souvenir ditambah lagi ada gazebbo yang berbaris di sepanjang bibir pantai Drini.

Juga terdapat rumah makan dimana anda dapat mengolah seafood anda sendiri dan ada menu ikan asin yang khas yang hanya diproduksi di daerah ini.