Pantai Baron merupakan pantai pertama yang dapat kita kunjungi sebelum melihat pantai yang lain yang terdapat di seputaran wilayah pesisir ini seperti Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal. Pantai Drini dan Pantai Sundak.

Pantai ini sebenarnya merupakan teluk yang diapit oleh bukit pasir disisi kanan dan kirinya. Pasir ditempat ini berwarna terhampat di sepanjang bibir pantai. Di pasir-pasit tersebut terlihat berjejer perahu-perahu nelayan yang sering dipakai oleh nelayan untuk melaut mencari ikan. Pantai Baron ini bisa dikatakan merupakan dermaga bagi para nelayan untuk mencari nafkah sehingga di tempat ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai sarana untuk menjual hasil tangkapan ikan.

Apabila anda ingin berbelanja ikan ditempat ini, dan dibawa pulang, anda akan mendapatkan ikan yang segar yang berasal dari tangkapan di pantai ini. Tetapi apabila anda ingin mencicipi masakan ikan ditempat ini, areal pantai ini terdapat banyak rumah makan yang dapat anda kunjungi untuk menikmati suasana pantai sambil menikmati masakan olahan laut di tempat ini. Pantai Baron menawarkan keindahan pemandangan pantai indah dan masakan olahan hasil laut yang sangat memanjajakan lidah. Sehingga pantaslah bila pantai ini merupakan tempat yang favorit dari para wisatawan baik wisata domestik atapun manca negara.

Di Pantai Baron ini anda dapat berenang sepuasnya asalkan tidak melewati tanda batas terjauh yang telah ditentukan, karena bagaimanapun pantai Baron ini memiliki ombak yang relatif besar dan berbahaya. Tetapi untungnya pantai ini juga memilki tempat yang landai yang bisa dpergunakan untuk berenang. Setelah berbasah-basah dengan air laut yang asin maka tibalah saatnya anda membersihkan diri dengan menceburkan diri ke muara sungai bawah tanah yang terdapat di pantai ini. Air sungai tersebut tawar dan cukup segar karena masih jauh dari pencemaran yang dilakukan oleh manusia.

Ternyata dua bukit yang mengapit pantai ini merupakan tempat perkemahan yang dapat anda gunakan untuk berpetualang dan menikmati suasana alam Baron pada malam hari. Dari atas bukit tersebut anda dapat menyaksikan pemandangan laut dari atas bukit dan perahu-perahu yang terhampar rapi di pesisir pantai Baron. Perbukitan di kawasan ini sering dipakai untuk lokasi trekking atau lintas alam. Untuk menaiki bukit ini, anda akan tertantang melihat naik turunnya jalan yang terjal yang terdiri dari bebatuan karang.

Lokasi

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarata . Berjarak 65 km dari arah Yogyakarta atau 20 km ke arah selatan Wonosari.

Akses

Anda yang hendak ke pantai ini dengan memakai kendaraan umum dapat anda tempuh mulai dari Stasiun tugu menuju ke Terminal Giwangan dengan bus TransJogja jurusan 1A, sampai di shelter Bandara Adisucipto anda pindah jalur bus ke 2B yang menuju terminal Giwangan. Biaya sekitar Rp.3.000,-

Setelah sampai di Giwangan anda mencari bus jurusan Yogyakarta Wonosari memakan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam. Setelah sampai di Wonosari perjalanan dilanjutkan dengan memakai minibus menuju pantai Baron.

Harga Tiket

Tiket paket wisata 8 pantai : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Pktunggal sebesar Rp. 4.000,-. ( Januari 2014 )

Fasilitas

Pantai Baron memiliki fasilitas yang tergolong lengkap yang dapat menunjang pariwisata di daerah ini yang meliputi : lahan parkir yang luas, restoran yang menawarkan menu olahan laut, hotel atau penginapan dengan harga terjangkau, camping ground yang berada didaerah sekitar pantai dan area untuk tempat memancing.