Gua Rancang Kencono

Gua rancang Kencono merupakan salah satu goa yang terdapat di Gunungkidul . Daerah ini banyak  gua-gua yang tersembunyi didalam perut bumi yang banyak menawarkan panorama yang luar biasa.  Gua Rancang Kencono mempunyai keistimewaan  berupa  ruangan lapang seluas 20m x 20m yang berketinggian 12 meter yang sering digunakan untuk acara – acara sarasehan, camping dan lain-lain. Ruangan tersebut tidak terlalu gelap karena sinar matahari masih bisa memasuki tempat ini. Gua Rancang Kencono ini tidak banyak mempunyai ornamen, hanya beberapa stalagtit yang menggantung di langit goa ini yang menjadikan gua ini justru memudahakan para pengunjung untuk melakukan aktivitas di tempat ini.

Menurut buku “ legenda dan budaya desa Bleberan “ yang diterbitkan oleh pemerintah desa Bleberan yang menceritakan gua tersebut ditemukan tahun 1720, yang waktu itu beberapa prajurit Mataram yang melarikan diri dan dua dari prajurit tersebut bernama kyai Putut Linggo Bowo dan Kyai Soreng Pati menemukan goa ini untuk dijadikan tempat beristirahat.

Para prajurit Mataram sering mengadakan pertemuan di tempat ini untuk menyusun penyerangan. Oleh karena itu tempat ini di sebut gua Rancang Kencono yang berarti merancang perbuatan yang bersifat mulia.

Di gua tersebut juga terdapat ruangan yang berukuran sekitar 3×3 yang konon di dijadikan tempat untuk bertapa pagi para pejuang untuk mendapatkan petunjuk mengenai apa yang harus dilakukan untuk melawan para pejajah.

Setelah masa perang berakhir, gua tersebut tidak digunakan lagi dan dibiarkan begitu saja. Seiring dengan waktu muncul kesadaran dari mayarakat setempat untuk membenahi dan menata gua ini dan menjadikankan tempat tersebut menjadi wisata sejarah yang menjadi kebanggaan kabupaten Gunungkidul.

Lokasi

Gua Rancang Kencono berlokasi di pedukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Akses

Setidaknya ada du jalur yang dapat dilalui wisatawan yaitu :

  • Jalur pertama : Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan
  • Jalur kedua : Yogyakarta – Imogiri – Panggang – Playen – Bleberan

Harga Tiket

Harga Tiket sebesar Rp.3.000,- per orang sudah termasuk tiket untuk memasuki air terjun Sri Getuk yang berjarak sekitar 1 km.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di tempat ini adannya bumi perkemahan yang bisa diperguinakan untuk berbagai macam kegiatan. Selain itu bagi anda yang menyukai camping, anda biasa menghubungi pemerintah desa Bleberan untuk memakai tempat tersebut