Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul Wisata Alam Andalan

Wisata Gunungkidul Yogyakarta yang paling populer baru-baru ini adalah wisata alam goa kalisuci dengan Cave tubingnya. International Union Of Speleology pada tahun 1993 setelah dilakukan penelitian mengusulkan agar kawasan karst Gunungsewu termasuk didalamnya adalah Gua Kalisuci masuk dalam salah satu warisan alam dunia. Selanjutnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan wilayah ini merupakan kawasann eko karst pada tanggal 6 Desember 2004.

Karst Kalisuci yang terletak di pegunungan daearah Gunungkidul menawarkan wisata jelajah cave tubing kalisuci Gunung Kidul kepada para wisatawan. Wisatawan dapat menyusuri sungai yang berada dalam tanah yang memiliki jeram dengan grade yang rendah sehingga tempat ini cocok bagi penjelajah pemula untuk menambah jam terbangnya. Sungai yang terletak dalam gua bawah tanah tersebut dapat ditelusuri menggunakan ban dalam sebagai pengganti perahu.

Jeram yang terdapat pada Kalisuci ini ternyata tidak sebesar yang berada di Sungai Progo dan Sungai Elo sehingga cukup aman bagi penjelajah pemula. Bagi penjelajah yang biasanya menyusuri sungai dapat dengan mudah karena diterangi sinar matahari, maka saat menyusuri Kalisuci ini anda akan melalui jalur yang berupa lorong-lorong yang gelap. Hanya senter yang dipakai untuk penerang utama. Bila anda seorang yang phobia dengan ruang yang gelap dan sempit maka sebaiknya tidak mencoba melakukan cave tubing. Dengan menikmati pemandangan, bermain-main dan menyusuri jalur sungai diatas pun sama menariknya dengan melakukan cave tubing. Kawasan Karst Kalisuci merupakan kebanggaan bangsa Indonesia dalam bidang pariwisata karena tempat ini merupakan tempat cave tubing terbaik di dunia setelah Meksiko dan Selandia Baru.

Kawasan Karst Kalisuci mempunyai 5 gua yang terhubung dan dapat ditelusuri dalan satu waktu, yaitu Gua Glatikan, Gua Suci, Gua Buri Omah, Gua Gelung dan Gua Brubug. Sungai bawah gua yang mengaliri dlam gua-gua tersebut mempunyai lebar bervariasi antyara 5 samapai 10 meter dengan air yang sangat jernih.

Ornamen alam dan ekosistem dalam gua merupakan keindahan yang akan dinikmati para penjelajah saat menyusuri sungai tersebut. Ditambah lagi keunikan sungai ini yang indah berkelok-kelok dengan hiasan tanaman perdu dan kelelawar yang sedang bergelantungan menambah daya tarik tersendiri. Panjang aliran sungai ini sekitar 500 meter dan bisa ditempuh dalam waktu 2jam.

Kawasan Karst Kalisuci ini sudah menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi penggemar cavin dan rafting. Tempat ini juga sering diperguna sebagai kawasan wisata pendidikan, yaitu mempelajari tentang Speologi ( ilmu tentang gua dan sekitarnya ), speleogenesis ( ilmu yang mempelajari tentang asal mula terbentuknya sebuah goa dan morfologi kawasan batu kapur tersebut dapat dijadikan obyek penelitian.

Lokasi

Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Berhubung belum ada angkutan umum yang melayani jalur menuju tempat ini maka wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan sendiri. Dari arah yogyakarta para wisatawan dapat menyusuri jalan Jogja – Wonosari – Kecamatan Semanu – Gua Kalisuci. Jarak antara Wonosari denga Kalisuci sekitar 10 km.

Harga Tiket

Untuk dapat menyusuri Gua Kalisuci, wisatawan dikenakan biaya untuk menyewa ban dalam yang dipergunakan sebagai pelampung, pakaian khusus cave tubing dan jasa pemandu.

Fasilitas

Fasilitas yang mendukung kepariwisataan di tempat ini seperti tempat parkir, warung makan, toilet dan rumah makan. Sedangkan fasilitas yang diperoleh bila menyewa peralatan vave tubin meliputi ban dalam, life jacket ( pelampung ), sepatu caving, pelindung lutut dan penerangan.