5 Tips Liburan di Yogyakarta

Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang disukai oleh masyarakat di Indonesia. Daerah istimewa ini menjadi daya tarik bagi para pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka. Mereka datang dan mengunjungi berbagai macam objek wisata yang ada di kota pelajar ini. Berbagai macam tempat wisata bisa dikunjungi dari mulai wisata alam hingga wisata seni dan budaya, alam dan juga wisata kuliner, semuanya tersedia di kawasan ini. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung tentu perlu persiapan agar kegiatannya dapat berjalan dengan lancar dan tanpa halangan. Oleh sebab itu maka kami akan memberikan tips kepada Anda sebagai informasi selama berwisata di Yogyakarta.

  1. Perhatikan Kondisi Tubuh

Pastikan Anda dalam kondisi sehat dan prima saat berwisata di Yogyakarta. Hal ini diperlukan karena tempat wisata yang populer di Yogyakarta umumnya cukup menguras tenaga. Contohnya adalah saat berwisata ke Candi Borobudur, wisatawan harus berjalan cukup jauh dan serta harus mendaki tangga candi yang memiliki cukup tinggi dan curam yang akan membuat para wisatawan akan banjir keringat. Belum lagi wisatawan harus berjalan melewati pasar seni untuk menuju pintu keluar yang akan menguras banyak tenaga.

  1. Bawa Obat-obatan

Tips lainnya adalah jangan lupa membawa obat-obatan pribadi Anda untuk berjaga-selama diperjalanan. Banyak wisatawan yang kelelahan setelah beraktifitas di tempat wisata khususnya saat sehabis berwisata di pantai-pantai Gunung Kidul. Setelah mereka puas bermain di pantai, wisatawan harus menghadapi rute pulang yang panjang dengan jalan yang berkelok-kelok serta naik turun. Hal ini menyebabkan banyak wisatawan yang fisiknya menurun dan perlu penangan cepat khususnya bagi yang sudah lanjut usia dan anak-anak. Oleh sebab itu jangan lupa membawa obat-obatan.

  1. Sewa Mobil

Saat berlibur di Yogyakarta dalam rombongan baik besar maupun kecil sebaiknya menyewa kendaraan agar kegiatan berwisata bisa lebih efisien dan juga praktis. Dengan menyewa mobil, wisatawan bisa mengunjungi objek wisata yang tidak terjangkau oleh kendaraan umum. Selain itu sang pengemudi juga bisa menjadi pemandu sehingga perjalanan akan lebih lancar. Banyak tempat penyewaan mobil yang ada di kota ini sehingga Anda tidak perlu khawatir jika inigin menyewa kendaraan saat berwisata di Yogyakarta.

  1. Susun Jadwal / Itinerary

Tips yang tidak kalah penting adalah susun jadwal perjalanan sabaik mungkin agar berwisata lebih efisien. Banyak wisatawan yang tidak paham lokasi wisata yang ada di Yogyakarta. Dengan hanya mengandalkan google map, mereka seakan tahu kondisi yang sebenarnya padahal belum tentu semuanya benar. Banyak wisatawan bahkan mengambil rute wisata yang arahnya berlawanan yang hanya menghabiskan waktu di jalan. Oleh kerena itu susun sebaik mungkin tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi agar tidak hanya capek di jalan.

  1. Hati-hati Saat Menyewa Becak

Saat berwisata ke Jogja banyak wisatawan yang memanfaatkan moda transportasi berupa becak untuk mengantarkan mereka ke tujuan. Satu tips buat Anda adalah hati-hatilah saat akan menyewa kendaraan ini. Beberapa oknum pengemudi becak akan menawarkan harga yang murah untuk mengantarkan wisatawan ke tempat-tempat seperti Malioboro tapi nanti diperjalanan mereka akan memutar-mutar terlebih dahulu dan pada akhirnya mereka akan meminta bayaran yang lebih dari kesepakatan semula. Langkah terbaik saat akan menyewa becak adalah dengan membayarnya di depan sehingga pengemudi becak tidak akan berbuat nakal.

Demikan tips berwisata di Yogyakarta dari kami. Masih banyak lagi tips yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga bisa menjadi tambahan informasi dan juga referensi bagi Anda semua. Bagi yang ingin wisata bisa menghubungi njogja.co.id yang merupakan jasa wisata yang menyediakan paket wisata di Jogja.