Pantai Samas

Pantai Samas cukup terkenal dengan ombak yang relatif besar dan delta-delta sungai serta danau air tawar yang berbentuk telaga. Sekarang ini telaga tesebut digunakan oleh Sub Dinas Perikanan DIY untuk pengembangan perikanan udang galah, penyu dan lokasi pemancingan. Bentukan dari bibir pantai Samas ini agak curam sehingga para pengunjung dilarang berenang di tepi pantai karena cukup berbahaya.

Salah satu kegiatan yang menjadi daya tarik dari Pantai Samas ini ada ritual upacara kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan sedekah laut yang diadakan setiap malam 1 suro yang merupakan tradisi masyarakat Sanden untuk mengenang legenda Maheso Suro.

Legenda atau mitos ini berawal dari kemiskinan yang menimpa masyarakat Sanden sehingga mereka memohon kepada sang maujud agung agar terbebas dari kemiskinan dengan cara bersemedi di pantai samas. Sewaktu bersemedi tersebut tiba-tiba munculah seekor kerbau hitam dari pantai samas yang akhirnya ditangkap dan dipelihara bersama kerbau-kerbau lokal lainnya. Kerbau hitam tersebut dipakai untuk membajak sawah pertanian sehingga menjadi subur.

Anehnya setiap kali kerbau tadi merusak tanaman di sawah ladang yang dilewatinya, tanaman di atas tanah tersebut justru tumbuh subur. Setelah beranak pinak maheso suro yang muncul pertamakali itupun menghilang entah kemana.

Warga setempat melaksanakan ritual tersebut sebagai tanda terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberi rezeki di bumi dengan menumbuhkan setiap tanaman dengan subur yang ditanam mereka dengan cara upacara dilanjutkan labuhan sedekah laut.

Lokasi

Obyek wisata Pantai Samas ini i terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Dari kota Yogyakarta ke arah selatan menuju kabupaten Bantul sampai perempatan palbapang lurus keselatan melewati Jl. Samas terus ikuti petunjuk jalan sampailah anda ke Pantai Samas.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke pantai Samas ini adalah Rp.2.000,- per orang (nov 2013)

Fasilitas

Pantai Samas memiliki pemandangan yang indah karena memiliki hamparan pantai pasir yang putih bersih sepanjang mata memandang.’ Di pantai Samas ini juga terdapat mercusuar yang namanya mercusuar Patehan, untuk melihat bentangan keindahan laut dari atas.

Untuk menunjang Pantai Samas sebagai kawasan wisata pantai di Bantul, fasilitas umum yang disediakannya pun terbilang lengkap, mulai dari terminal, tempat parkir, mck, penginapan , SAR, jaringan listrik, mushola dan rumah makan dan lain-lain.

Masih dalam wilayah kabupaten Bantul, marilah kita lanjutkan perjalanan ini dengan mengunjungi pantai yang unik yang dimana terdapat banyak pohon cemara yang menghiasi pantai tersebut yaitu Pantai Kwaru.