Pantai Kwaru

Pantai Kwaru merupakan obyek wisata pantai yang tergolong masih baru dan baru dibuka untuk umum. Masyarakat di daerah pantai tersebut merasa tergugah untuk merawat lingkungan dengan menanam pepohonan seperti cemara untuk melindungi pantai dari gempuran ombak yang setiap waktu mengikis bibir pantai hingga daratan. Pantai ini menawarkan keindahan pantai dengan pemandangan pohon cemara yang luar biasa.

Jika anda berkunjung ke pantai Kwaru pasti akan banyak menemukan pemandangan yang khas yang tidak terdapat didaerah pantai lain di Yogyakarta, yaitu pohon cemara yang bederet di sepanjang pantai menambah keindahan suasana wisata di pantai Kwaru ini. Anda dapat memanfaatkan moment ini dengan berfoto bersama berlatar belakang rimbunnya pohon cemara di pantai Kwaru ini.

Meskipun belum banyak yang mengetahui pantai ini ternyata banyak juga yang sudah pernah kesana dan berkesan bahwa pantai tersebut panoramanya indah dan sekaligus saling bedekatan dengan pantai lainnya di kawasan tersebut yaitu Pantai Baru dan Pantai Gua Cemara.

Ada perbedaan tujuan kecenderungan wisatawan dalam negeri dan turis asing. Sebagai wisatawan dalam negeri, orang Indonesia gemar pergi ke pantai, tujuannya untuk melihat keindahan matahari terbit atau tenggelam, jalan-jalan, pacaran atau sekedar duduk-duduk sambil melihat ombak di pantai. Berbeda sekali dengan turis asing dalam berwisata ke pantai bertujuan untuk mandi, surfing, basah-basahan atapun sekedar berjemur.

Melihat kecenderungan perbedaan tujuan tersebut maka pantai Kwaru ini cocok sekali untuk orang indonesia yang sebagai pecinta pantai dengan tujuan semacam piknik keluarga, gelar tikar dan makan bareng-bareng, jalan-jalan, foto-foto ataupun duduk-duduk sambil menikmati suasana indah di pantai Kwaru ini.

Ombaknya tidak terlalu besar sehingga kurang cocok untuk olah raga surfing. Jika sore menjelang para pengunjung akan dibuat terkagum melihat pemandangan kabut disekitar pantai ini yang menjadikan suasana lain berada di pantai ini.

Pohon cemara yang besar dan rimbun berjejer rapi menghiasi suasana di pantai ini serta banyaknya orang yang memancing menciptakan suasana yang santai dan berbeda dengan pantai lain.

Lokasi

Pantai Kwaru terletak Dusun Kwaru, Desa Poncosari, kec Srandakan Bantul Yogyakarta, sekitar 29 km dari kota yogyakarta

Akses

Dari kota Yogyakarta ke arah selatan menuju kabupaten Bantul sampai perempatan palbapang ke barat sebelum jembatan Srandakan belok ke selatan sekitar 6 km sudah sampai Pantai Kwaru.

Harga tiket

  • Harga tiket untuk memasuki pantai ii sebesar Rp.5.000,- per orang (2013)
  • Sewa motor ATV Rp.25.000,- per 15 menit

Fasilitas

Di kawasan pantai Kwaru sudah terdapat banyak fasilitas penunjang pariwisata seperti kolam renang, motor ATV, area memancing dan lain-lain. Terdapat juga sederet pusat perbelanjaan souvenir yang ramai dikunjungi wisatawan terutama stan pakaian, baju atau kaos pantai bertuliskan pantai Kwaru yang banyak diserbu oleh anak-anak maupun anak muda.

Setelah mengaduk-aduk wisata pantai di wilayah kabupaten bantul maka kita lanjutkan perjalanan ke Gunungkidul, disana akan kita dapatkan pantai-pantai yang cantik yang siap menyambut kedatangan anda, kita mulai saja mulai dari Pantai Sundak