Pantai Depok

Setelah lelah seharian berwisata di Pantai Parangtritis dan sekitarnya maka tiba saatnya anda untuk beristirahat sambil mengisi perut dengan aneka hidangan hasil laut. Selain sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama laut pada umumnya, Pantai Depok ini lebih kondang disebut dengan pusat jajan ikan lautnya. Citarasa wisata kuliner hasil laut semua bisa anda dapatkan disini. Berbagai jenis ikan laut tersedia disini dengan harga terjangkau seperti ikan kakap, cakalang, bawal, bandeng, tongkol, layur, kepiting, udang, pari, kerapu, cucut, cumi-cumi bahkan ikan hiu jenis kecil juga ada.

Dipantai ini terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan yang yang bergerak dalam sektor penangkapan ikan laut, jasa perdagangan lau dan jasa pengolahan laut. Maka tak heran bila anda berkunjung ke pantai Depok ini anda akan melihat kegiatan dan aktivitas yang dilakukan nelayan di area TPI tersebut.

Jika anda mengamati, ada beberapa perahu motor cadik merapat ke pantai setelah semalaman melaut mencari ikan. Bila anda dekati perahu tersebut maka anda akan dapat melihat tumpukan ikan dalam perahu tersebut. Jika anda menginginkan ikan segar, anda bisa bertransaksi ditempat nelayan tersebut langsung dengan harga yang besaing dengan harga ikan di pasar.

Kalau anda arahkan pandangan ke bagian lain maka akan menemukan sederet penjual ikan lengkap dengan berbagai jenis ikan siap menyambut kedatangan anda, anda tinggal memilih jenis ikan yang diminati dan pesan untuk dimasak sekalian sesuai permintaan anda, mau digoreng, dibakar, balado dan lainya. Setelah siap dan dan memutuskan untuk dimakan ditempat maka anda akan dipersilahkan menempati warung makan yang sudah disediakan.

Keunikan berwisata di Pantai Depok adalah banyaknya tempat warung makan yang dibuat sedemikian rupa menghadap ke laut. Sehingga pengunjung yang menikmati makanan di warung tersebut sekaligus bisa menikmati pemandangan di laut lepas.

Tips berwisata di Pantai Depok

  • Ketika sampai di pantai maka segeralah menuju kios kios ikan laut yang banyak berjejer di tempat tersebut
  • Pilihlah berbagai macam ikan sesuai dengan selera dan keuangan anda, cara paling mudah dalam memilih ikan yang segar adalah dengan melihat matanya, masih jernih atau sudah kusam atau keruh, atau dibaui dan dipegang, kalau masih baru terasa kenyal.
  • Bawalah ikan tersebut ke warung yang ada di sebelahnya agar dimasak sesuai permintaan anda.
  • Untuk menghindari antrian panjang membeli dan memasak ikan maka akan lebih baik bila anda berkunjung ke pantai Depok ini pada pagi hari.
  • Hindari berkunjung ke Pantai Depok ini pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena para nelayan pada hari itu libur melaut menurut kepercayaan masyarakat setempat.

Lokasi

Pantai Depok secara administratif berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Akses menuju pantai ini kalau dari Yogyakarta sama dengan jalur yang dipakai untuk menuju ke pantai Parangtritis. Perbedaannya pas sebelum anda masuk ke tempat retribusi pantai Parangtritis maka anda harus belok kekanan mengikuti petunjuk ke pantai Depok, karena retribusi pantai Depok ini berlainan dengan pantai Parangtritis.

Harga Tiket

  • Satu motor + 2 penumpang : Rp.4.000,- (2013)
  • Mobil Rp.5.000 + tiket perorangan

Fasilitas

Fasilitas yag disediakan di obyek wisata pantai ini selain tempat berlokasinya Tempat Pelelangan Ikan yang memungkinkan anda mendapatkan ikan dengan mudah juga terdapat fasiltas umum lainnya seperti adanya tempat penginapan yang tersebar di kawasan ini. Juga siapnya petugas pantai maupun satuan polisi. Keberadaan petugas tersebut terutama untuk mengatasi kecelakaan laut yang tidak terduga dan memberi peringatan adanya gelombang yang membahayakan wisatawan yang terlalu dekat berenang atau main di tepi pantai ini.

Setelah selesai menjelajahi pantai-pantai di daerah ini maka kita lanjutkan perjalanan kita menuju obyek wisata pantai yang menawarkan keindahan delta-delta sungai yang indah menawan yaitu Pantai Samas yang terletak masih di daerah kabupaten Bantul.