Gua Maria Tritis, Damainya Berdevosi di Gua Alami

Bulan Mei dan Oktober adalah bulan yang dirayakan oleh umat Katolik sebagai bulan Maria. Pada bulan tersebut umat Katolik berbondong-bondong mendatangi Gua Maria yang tersebar di berbagai penjuru negeri untuk melakukan devosi. Di Yogyakarta juga terdapat beberapa Gua Maria, salah satunya adalah Gua Maria Tritis yang terletak di Gunungkidul.

Gua Maria Tritis merupakan gua maria yang unik. Jika biasanya gua maria berupa gua buatan, maka Gua Maria Tritis adalah gua alami lengkap dengan stalagtit dan stalagmit. Di tempat ini para peziarah bisa berdoa di depan patung Bunda Maria yang juga sedang berdoa sembari mendengarkan jeritan kelelawar maupun suara air yang menetes dari bebatuan.

Untuk mencapai lokasi Gua Maria Tritis, para peziarah harus berjalan kaki menyusuri jalan yang membelah ladang jati. Di beberapa tempat terdapat stasi-stasi yang berisikan diorama proses penyaliban Yesus. Peziarah yang melakukan jalan salib akan berhenti di stasi-stasi tersebut guna berdoa.

Memasuki mulut gua, suasana hening dan damai langsung terasa. Desau angin yang bergesekan dengan daun jati menciptakan simfoni yang indah dan damai. Tempat ini memang sangat cocok untuk berdevosi dan melakukan kontemplasi. Di gua Maria Tritis tidak terdapat banyak ornamen selain patung Bunda Maria yang sedang berdoa dan sebuah salib besar. Kesederhanaan adalah hal yang ditonjolkan ditempat ini. Hal ini bertujuan supaya para peziarah maupun siapapun yang berkunjung terus menghargai dan mensyukuri setiap hal yang telah Tuhan berikan pada mereka.

Usai berziarah ke Gua Maria Tritis, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke deretan pantai di Gunungkidul sebab lokasi gua ini tidka terlalu jauh dari Pantai. Jika wisatawan ingin menginap atau mengadakan retreat, di kompleks Gua Maria Tritis juga terdapat pondok inap.

Lokasi dan Akses

Gua Maria Tritis terletak di tepi Jalan Lingkar Selatan Gunungkidul tepatnya di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan. Dari Yogyakarta hanya berjarak 50 km. Para peziarah yang ingin berkunjung ke Tritis dapat mengikuti jalur utama Yogyakarta – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Paliyan – Pasar Trowono – Singkil. Sedangkan jalur alternatif lainnya adalah Yogyakarta – Imogiri – panggang – Paliyan – Pasar Trowono – Singkil.