Nikmatnya Belalang Goreng Kuliner Khas Gunung Kidul

Saat ini berburu kuliner merupakan hal yang wajib bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah-daerah. Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner, setiap daerah memiliki kekhasan di setiap masing-masing masakannya. Hal tersebut menciptakan beragam jenis kuliner yang siap untuk memanjakan lidah para wisatawan yang datang. Keunikan kuliner menjadi nilai tambah bagi daerah tujuan wisata.

Yogyakarta sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa memiliki berbagai macam masakan khas di setiap kabupatennya. Di Kabupaten Gunung Kidul yang sedang populer adalah kuliner belalang goreng. Karena unik dan tidak biasa, banyak wisatawan yang penasaran dan kemudian mencicipi panganan ini. Karena banyaknya yang menyukai kuliner ini banyak warga yang memproduksi belalang goreng dan menjualnya baik di toko maupun di pinggir-pinggir jalan.

Mungkin di daerah lain, belalang bukanlah hewan yang lazim untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat bahkan dianggap sebagai hama bagi para petani. Namun warga Gunung Kidul dengan keterbatasan yang ada berhasil berinovasi untuk menciptakan makanan khas yang bahan bakunya mudah di cari di daerah mereka, tentu saja lezat serta unik.

Belalang goreng telah lama dijadikan lauk makan bagi masyarakat Gunung Kidul karena belalang yang diolah yaitu belalang kayu banyak ditemui di dahan pohon jati atau di semak-semak yang tumbuh di Gunung kidul. Belalang merupakan hewan yang kaya akan kandungan protein. Rasa belalang goreng seperti rasa udang menurut sebagian besar orang yang pernah mencicipinya. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat banyak orang menyukainya dan ketagihan dengan makanan ini.

Untuk menggoreng belalang, bumbu yang digunakan cukup sederhana, yakni bawang putih, tumbar dan garam. Untuk rasa pedas manis maka akan ditambahkan cabai. Belalang harus dibersihkan terlebih dahulu dan kotoran yang ada di dalam tubuh belalang juga harus dibuang agar rasanya nikmat. Setelah itu belalang tinggal digoreng hingga kering dan siap disantap. Semua bagian belalng bisa dimakan termasuk bagian kepala dan kakinya. Bagi yang alergi makanan berprotein tingga maka sebaiknya berhati-hati saat menikmati makanan ini karena dapat menyebabkan gatal-gatal yang disebabkan oleh kandungan protein yang ada di belalang.

Sumber foto: Internet