Situs Ratu Boko, Menyapa Senja Dari Gerbang Istana

Abhayagiri Vihara, alias biara di bukit penuh kedamaian. Itulah nama awal yang disematkan terhadap Kompleks Percandian Istana Ratu Boko. Terletak di gugusan perbukitan Batur Agung, Ratu Boko memiliki pemandangan yang indah. Saat pagi menjelang, wisatawan bisa menyaksikan Gunung Merapi dan Merbabu serta Candi Prambanan yang masih berselimut kabut. Perlahan lautan kabut itu akan tersingkap seiring dengan terbitnya mentari di ufuk timur.

Pesona situs yang dulunya merupakan istana lengkap dengan kompleks pemandian di deretan belakang ini semakin indah tatkala senja menjelang. Wisatawan bisa menikmati landskap senja dari balik gerbang istana yang masih berdiri dengan kokoh. Mentari merah menyala akan lindap perlahan di balik cakrawala. Kemudian pemandangan akan berganti dengan lautan kerlip lampu di desa-desa kaki Merapi dan sepanjang Jalan Solo. Jika cuaca cerah wisatawan juga bisa menyaksikan langit malam bertabur bintang.

Dari Dinner Romantis Hingga Pagelaran Sendratari Megah

Selain sebagai tempat wisata, Kompleks Istana Ratu Boko juga dilengkapi dengan fasilitas Adriwarna Cafe. Restoran terbuka yang terletak di lereng bukit ini memiliki pemandangan langsung ke Gunung Merapi Merbabu dan Candi Prambanan. Saat di Prambanan sedang dilangsungkan Sendratari Ramayana, wisatawan yang dinner di tempat ini bisanya menyaksikan candi megah tersebut dalam sorotan lampu warna-warni. Tempatnya yang romantis membuat Adriwarna Cafe sering dijadikan lokasi gathering bahkan resepsi pernikahan.
Setiap bulan Juni, di Ratu Boko juga digelar pagelaran sendratari bertajuk Sumunaring Abhyagiri. Sendratari kolosal nan megah ini mengambil tempat di pelataran dengan gerbang utama Istana Ratu Boko sebagai latar belakangnya.

Lokasi dan Akses Ratu Boko

Kompleks Istana Ratu Boko terletak tidak jauh dari Candi Prambanan, tepatnya di jalan raya Prambanan – Piyungan. Wisatawan yang mengunjungi Prambanan bisa berkunjung ke Ratu Boko menggunakan shuttle bus yang disediakan oleh pengelola candi. Shuttle bus tersebut akan berangkat setiap 10 menit sekali dan pemberangkatan terakhir pada pukul 15.00 WIB. Untuk nformasi lebih lanjut mengenai tiket, shuttle bus, hingga pagelaran Sumunaring Abhyagiri bisa menghubungi nomor telpon (0274) 496510.